Buka Rapim, Panglima-Kapolri Bahas Pilkada 2020 hingga PON di Papua

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 28 Januari 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 337 2159357 buka-rapim-panglima-kapolri-bahas-pilkada-2020-hingga-pon-di-papua-BlMX2luzO9.jpg Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis Buka Rapim TNI-Polri 2020 (foto: Dokumentasi Humas Polri)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis resmi membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2020 bertema 'Profesionalitas, Soliditas, dan Sinergitas TNI-Polri.

Kegiatan yang dilaksanakan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020), ini juga dihadiri oleh para kepala staff TNI dan para pejabat tinggi Polri.

Baca Juga: Kapolri Bakal Sanksi Tegas Polisi yang Tak Netral saat Pilkada 2020

Panglima dan Kapolri Buka Rapim TNI-Polri 2020 (foto: Dokumentsi Humas Polri)	 

"Pada hari ini Rapim TNI-Polri 2020 secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Hadi seraya disambut tepuk tangan peserta rapim.

Ia menjelaskan, Rapim TNI-Polri akan bertujuan untuk mengawal beberapa agenda besar yang akan berjalan di Indonesia. Misalnya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Menurut Hadi, dua agenda besar tersebut akan menjadi tanggung jawab aparat keamanan. TNI dan Polri pun menjamin kesiapan keamanan dalam dua agenda besar di tahun ini.

“Akhirnya kami siap mengamankan dan kita mampu mengawal dalam rangka membantu pembangunan nasional,” ujar Hadi.

Ia pun menekankan sinergisitas TNI dan Polri dalam menghadapi dua agenda besar itu. Selain itu, TNI dan Polri juga diminta menjaga netralitas dalam Pilkada serentak.

Panglima dan Kapolri Buka Rapim TNI-Polri 2020 (foto: Dokumentsi Humas Polri)	 

Hadi memerintahkan kepada seluruh anggota TNI dan Polri untuk mengantisipasi sejumlah kerawanan, khususnya dalam Pilkada serentak. Menurutnya, seluruh jajaran harus meningkatkan kepekaan dan kepedulian untuk melakukan pencegahan dini atas pemetaan kerawanan.

“Waspadai kerawanan pemilu, politik identitas, kerawanan di sosmed,” tutur Hadi.

Baca Juga: Jokowi Ingin PON 2020 di Papua Jadi Ajang Unjuk Keberagaman Indonesia 

Sementara itu, Kapolri Idham menekankan bahwa jajarannya siap bersinergi dengan TNI dalam mengamankan beberapa agenda besar di Indonesia.

"Apa yang tadi telah disampaikan bapak Panglima, prinsipnya Polri didukung penuh oleh teman-teman TNI untuk melaksanakan pengamanan Pilkada serentak nantinya PON 2020 di Papua, serta seluruh program pembangunan yang dicanangkan pemerintah," tutup Idham dikesempatan yang sama.

Panglima dan Kapolri Buka Rapim TNI-Polri 2020 (foto: Dokumentsi Humas Polri)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini