Share

DPR Minta Pemerintah Segera Evakuasi WNI yang Masih Ada di Wuhan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 28 Januari 2020 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 337 2159267 dpr-minta-pemerintah-segera-evakuasi-wni-yang-masih-ada-di-wuhan-OaKqB0pvqF.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) masih terjebak di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, usai mewabahnya virus Korona yang telah menewaskan 80 orang di seluruh dunia.

Merespon hal itu, Anggota Komisi I DPR RI yang membindangi hubungan luar negeri Christina Aryani mengharapkan agar pemerintah segera mengambil langkah cepat dan tepat untuk memastikan proses evakuasi terhadap WNI yang saat ini ada di Wuhan.

“Langkah cepat dan tepat dalam proses evakuasi sangat dibutuhkan mengingat dampak virus dengan kemampuannya menginfeksi berbagai spesies hewan sebelum kemudian menyebar dan menyebabkan penularan antar manusia,” ujar Christina kepada Okezone di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menurut Christina berdasarkan catata Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyebutkan ada sekitar 93 WNI di Wuhan.

Baca Juga: Banyak TKA dari China, Pemkab Ketapang Bakal Lakukan Tes Medis Tangkal Virus Korona

Christina berkata keterbatasan logistik dan sulitnya akses transportasi keluar masuk Wuhan saat ini menjadi alasan mengapa dirinya mendorong agar evakuasi segera dilakukan.

“Membiarkan WNI kita tetap berada di sana sama saja dengan membiarkan mereka menunggu giliran terinfeksi,” jelas dia.

Dia pun mencontohkan langkah evakuasi yang tengah dilakukan oleh beberapa negara seperti Amerika, Perancis, Jepang serta Srilanka. Berbeda dengan Amerika yang men-charter pesawat untuk memulangkan warganya dan Perancis akan memindahkan warganya ke provinsi lain untuk dikarantina.

“Pemindaian di airport atau pelabuhan tidak selamanya efektif dikarenakan tidak semua yang terpapar virus langsung menunjukkan gejala penyakit ini, mengingat masa inkubasi virus bervariasi dari 2-14 hari,” tuturnya.

Selain itu, Christina meminta agar pemerintah dapat mempertimbangkan larangan masuk bagi wisatawan asal China.

“Pemerintah juga perlu mempertimbangkan larangan masuk bagi wisatawan asal China hingga permasalahan menyangkut penyebaran virus bisa ditangani lebih baik,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini