nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Penambahan Kuota Haji, Dubes Arab Saudi: Itu Putusan Raja dan Presiden

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 13:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 27 337 2158902 soal-penambahan-kuota-haji-dubes-arab-saudi-itu-putusan-raja-dan-presiden-hZ2ZE83vAM.jpg Wapres RI Maruf Amin bersama Dubes Arab Saudi Esam A Abid Althagafi (foto: Setwapres)

JAKARTA - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi menanggapi mengenai permintaan pemerintah Indonesia, soal penambahan kuota haji untuk Indonesia.

Menurut Esam, mengenai penambahan kuota haji merupakan keputusan dari Kerajaan dan juga Presiden. Namun, ia menyebutkan bahwa jumlah jamaah haji dari Indonesia masih terbesar pada tahun lalu, yakni sebanyak 230 ribu jamaah.

"Tapi tentu itu hal yang tidak dibahas di level kami. Tapi di level pemerintah tertinggi yaitu raja dan juga presiden," ucap Esam di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

 Baca juga: Kemenag Tetapkan Bandara Kertajati sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji 2020

Kendati demikian, Esam mengaku kalau pemerintah Arab Saudi menyambut baik jika terdapat penambahan kuota jamaah haji. Namun, pada saat ini masih terdapat beberapa pembangunan yang belum selesai.

"Ada beberapa area seperti Arafah dan Mina yang memang areanya sangat terbatas, sehingga penambahan kuota seperti ini harus menunggu beberapa proyek besar dalam hal perluasan area, sehingga apabila itu sudah selesai kami bisa tambahkan lagi jumlah orang yang bisa kami layani," paparnya.

 Baca juga: Menag Usul ke DPR Biaya Haji 2020 Rp35 Juta

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi berharap bahwa Pemerintah Arab Saudi akan menambah kuota haji Indonesia Tahun 1441H/2020M menjadi 231 ribu. Diketahui, permintaan tersebut disampaikan oleh Fachrul saat menandatangani MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H/2020 M di Makkah.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini