nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Mewabah, Menkes: Indonesia Siaga tapi Warga Harap Tenang

Subhan Sabu, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 337 2158677 virus-korona-mewabah-menkes-indonesia-siaga-tapi-warga-harap-tenang-41pXf9WiQx.jpg Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (Foto: Okezone)

MANADO - Kondisi Indonesia saat ini siaga terhadap Virus Korona. Jajaran kementerian Kesehatan semua siaga termasuk rumah sakit-rumah sakit yang ditunjuk.

"Ada 100 rumah sakit yang kita tunjuk untuk mengantisipasi ini semua, 135 pintu masuk ke negara indonesia juga sudah dijaga dengan ketat oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) saya. 195 thermal scanner sudah kita distribusikan. Ada daerah-daerah yang kita nyatakan rawan ya ada dua atau tiga thermal scanner," jelas Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Minggu (26/1/2020).

Menurut Menkes Terawan, saat ini kita berjuang sambil terus berdoa karena musuh kita ini tidak terlihat. Tapi Menkes meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang.

"Masyarakat tenang saja, biar kementerian kesehatan yang tidak tenang, terus saja bekerja bersama kementerian lembaga lain bahu membahu mencegah segala sesuatu sehingga rakyat indonesia tetap menjalankan kegiatannya dengan tenang, enjoy, ke pasar oke, ke sekolah oke, mau kerja ya oke, sehingga gerakan ekonomi juga tetap jalan, saham-saham tetap baik," ujar Menkes Terawan.

Lebih lanjut Menkes Terawan mengatakan akan terus melakukan pengecekan terhadap staf-stafnya apa betul-betul bekerja optimal atau tidak dan dirinya mengaku bertanggung jawab untuk hal-hal yang terjadi.

Baca Juga: Ada Warganya Suspect Virus Korona, Wali Kota Jambi: Jangan Panik!

"Dan doa saya jangan ada yang masuk (virus korona) dan sampai detik ini belum ada yang masuk. Kita berdoa mudah-mudahan besok ya jangan ada, lusa ya jangan ada, kita doanya. Kalau ada ya kita sudah siap semua, antisipasinya, apa yang mau dikerjakan, tahu siapa berbuat apa dan apa yang mau dilakukan, itu yang sangat penting," terangnya.

Menkes Terawan juga berharap lewat informasi ini akan muncul banyak sekali terlihat kesiap siagaan semua termasuk khususnya aparat medis yang ada di Indonesia ini membantu, menolong, meredakan hingga suasana di Indonesia ini nyaman, tidak ada hal-hal yang terlalu dirisaukan.

"Yang risau cukup menteri kesehatan bersama jajarannya," tegasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini