nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penyebaran Virus Korona, Menhub Akan Tinjau Transportasi Laut Tujuan China

Isty Maulidya, Okezone · Minggu 26 Januari 2020 23:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 26 337 2158618 cegah-penyebaran-virus-korona-menhub-akan-tinjau-transportasi-laut-tujuan-china-nICodeWQaR.JPG Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com/Taufik Fajar)

TANGERANG - Setelah mengeluarkan larangan penerbangan ke Kota Wuhan, China, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi bakal meninjau jalur laut tujuan China sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus korona ke Indonesia.

Menhub menjelaskan, untuk melakukan peninjauan tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait khususnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Jalur laut pelabuhan tentu kita akan lakukan (peninjauan), tapi semua kegiatan kita tidak lakukan ego sektoral, kita akan mengoordinasikan ke beberapa sektor khususnya Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri," ujar Menhub saat melakukan peninjauan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Dia menambahkan, saat ini penerbangan dari dan menuju Kota Wuhan sudah ditutup sementara dalam waktu yang tidak ditentukan. Pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri untuk meninjau kemungkinan ditutupnya rute penerbangan ke seluruh wilayah China.

"Untuk kota lain kita akan membahas dengan Kemenkes dan Kemenlu terhadap perkembangan yang ada di sana satu sisi melakukan kegiatan preventif menangkal supaya tidak ada perpindahan virus ke Indonesia" tandasnya.

Pelabuhan

Aktivitas di Pelabuhan (Foto: Kemenhub)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara mengeluarkan larangan penerbangan maskapai nasional dari Indonesia ke kota Wuhan, China dan juga sebaliknya untuk sementara waktu demi mencegah terjadinya penyebaran virus korona ke wilayah Indonesia.

Larangan tersebut merupakan tindaklanjut dari NOTAM G0108/20 yang diterbitkan oleh International Notam Office Beijing. Sementara itu terdapat dua maskapai nasional yang memiliki rute penerbangan ke Wuhan yaitu Sriwijaya Air dan Lion Air yang saat ini sudah mengikuti arahan Kemenhub untuk tidak melakukan penerbangan ke wilayah tersebut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini