nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Kemeriahan Perayaan Imlek di Sejumlah Daerah

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 06:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 26 337 2158371 deretan-kemeriahan-perayaan-imlek-di-sejumlah-daerah-ctgFOCJ3vD.jpg (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA – Perayaan imlek menjadi suatu hal yang penting bagi umat Tionghoa di seluruh dunia. Berbagai acara disiapkan untuk memeriahkan momen tersebut, tak terkecuali di Indonesia.

Okezone merangkum sejumlah perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang digelar di Tanah Air, sebagai berikut:

1. Aksi Barongsai ala Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Aksi barongsai dalam perayaan Tahun Baru Imlek merupakan hal lazim. Namun, akan jadi istimewa ketika permainan itu dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam perayaan Imlek di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Gubernur Ganjar membuat warga terhibur dengan aksinya memainkan barongsai.

Ganjar yang memainkan barongsai berwarna hitam melenggak-lenggok bak pemain profesional. Goyangannya santuy dan membuat para pejabat langsung berdiri sambil tepuk tangan.

Gubernur Ganjar main barongsai (Foto : iNews/Taufik Budi)

"Tibake angel (ternyata sulit), sing marakke ewer-ewer ra ketok (yang membuat bisa membuka mulutnya ndak kelihatan). Saya tadi bingung gimana cara memainkan agar mulutnya kebuka dan matanya berkedip," kata Ganjar ditemui usai acara.

2. Aksi Barongsai Dalam Kereta Api

Masih di kawasan Semarang Jawa Tengah. Kali ini aksi barongsai menghibur para penumpang yang tengah berada di Stasiun Tawang. Tak tanggung-tanggung pemain barongsai itu sampai masuk ke kereta api (KA).

Calon penumpang KA yang akan berangkat menggunakan KA Menoreh, Ambarawa Ekpres, dan Joglosemarkerto merasa terhibur. Terlebih pada kesempatan itu juga dibagikan juga 200 kue keranjang kepada para penumpang.

Barongsai di Stasiun Tawang Semarang (Foto : iNews/Taufik Budi)

Pertunjukan seni barongsai itu sebagai bentuk rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2571. Nuansa itu semakin kuat dengan warna merah dipadu kuning emas, menghiasi berbagai sudut Stasiun Tawang.

"PT KAI Daop 4 Semarang, mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek dan menghadirkan budaya China yang patut diuri-uri di Stasiun Semarang Tawang dengan hadirnya barongsai, dan model berbusana Cheongsam dan Changshan," kata Kadaop 4 Sm Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, Sabtu (25/1/2020).

3. Aksi Naga Raksasa di Dukuh Atas dan Bundaran HI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tahun ini membuat sejumlah perayaan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2571. Salah satu acara yakni atraksi liong serta pertunjukan Gambang Kromong dan Tanjidor khas Betawi yang dilaksanakan di ruang publik.

Dalam acara ini Pemprov menggandeng sejumlah komunitas dan masyarakat untuk melaksanakan atraksi tersebut. Tujuannya hiburan itu tak hanya untuk mereka yang merayakan, tapi juga menghibur warga lainnya.

4. Chinese Food Festival di Thamrin 10

Selain di Bundaran HI dan Dukuh Atas, Pemprov DKI juga memeriahkan Imlek di kawasan Thamrin 10. Di kawasan ini Pemprov menggelar 'Chinese Food Festival' yang sudah dilaksanakan sejak 15 Januari hingga 5 Februari mendatang.

Sembahyang Hari Raya Imlek di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Di sini masyarakat bisa menikmati berbagai suguhan kuliner bertema "Chinese Food Festival". Kita juga bisa melihat hiasan berupa lampion kolaborasi dan wishing tree di lokasi tersebut.

5. Ribuan Lampion di Palembang

Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2571 juga tampak di Palembang, Sumatera Selatan. Ribuan lampion dipasang di Pulau Kemaro untuk memeriahkan acara bagi warga Tionghoa tersebut.

Sejumlah pernak-pernik juga dipasang menghiasi kelenteng bersejarah, Dewi Kwan Im di Palembang. Di samping itu, Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota memberi kesan tersendiri dengan warna cat merahnya yang menyala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini