nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pantangan dalam Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek

Debrinata Rizky, Okezone · Sabtu 25 Januari 2020 18:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 25 337 2158259 5-pantangan-dalam-tradisi-perayaan-tahun-baru-imlek-jTBR3wBZvU.jpg Ilustrasi perayaan Imlek di Jambi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Hari ini, Sabtu (25/1/2020) ditetapkan sebagai hari libur nasional untuk merayakan Hari Raya Imlek 2571. Beragam acara digelar dalam memeriahkan perayaan Imlek tersebut.

Perayaan Imlek dipercaya merupakan awal keberuntungan selama satu tahun ke depan. Karena itu, ada beberapa saran apa saja yang harus dilakukan hingga pantangan untuk dijalankan bagi penganut Agama Konghucu.

Okezone pun sudah merangkum pantangan-pantangan saat Imlek yang dihimpun dari jurnal berjudul 'Mitos Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek' karya Jepriyanti Br Tambunan, Sridevi Hutauruk, Zeco Hamos Sianno Pardede.

1. Tidak Boleh Memotong Rambut

Di malam sebelum merayakan Tahun Baru Imlek, memotong rambut diperbolehkan dengan maksud untuk membuang kesialan.

Namun, menurut kepercayaan masyarakat Thionghoa menggunting rambut saat tahun baru Imlek dipercaya akan membuang keberuntungan di sepanjang tahun ke depan juga.

Ilustrasi

2. Tidak Boleh Ada Pakaian dan Piring Kotor

Sebelum Hari Raya Imlek tiba, para penganut Konghucu dianjurkan melakukan bersih-bersih rumah untuk membuang semua kesialan di tahun sebelumnya.

Namun, saat Hari Raya Imlek dilarang bersih-bersih atau mencuci piring dan baju karena dianggap akan membuang segala rezeki yang akan didapat pada tahun baru.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Tahun Baru Imlek yang Jarang Diketahui

Baca Juga : 43 Napi Beragama Konghucu Terima Remisi Khusus Imlek

3.Tidak Boleh Cerita Hantu Selama Tahun Baru

Kisah seram sering dikaitkan dengan kematian. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, apa yang terjadi pada malam Tahun Baru akan menggambarkan apa yang terjadi sepanjang tahun berikutnya.

Bahasa yang kasar atau kata-kata yang menunjukkan ketidakberuntungan tidak perlu dibahas terutama dalam satu hari usai tahun baru. Karena kisah hantu-hantuan seringkali dikaitkan dengan kematian. Maka siapapun dilarang untuk berbagi cerita tentang hantu atau roh orang mati.

4. Melunasi Semua Tagihan dan Utang

Jangan uutang dan juga meminjamkan uang di hari Tahun Baru Imlek, dan usahakan semua utang harus dibayar lunas sebelum malam tahun baru imlek.

Tujuannya, agar memulai tahun yang baru tanpa terbebani dengan utang-utang di tahun sebelumnya. Jika ada seseorang yang berhutang uang kepada anda, jangan datang menagih ke rumahnya.Orang yang melakukan hal ini dikatakan akan sial sepanjang tahun.

Ilustrasi

5. Tidak Boleh Menyapu Rumah

Menyapu rumah berarti juga membersihkan rumah agar kotoran yang dianggap sebagai simbol kesialan disingkirkan, hingga tersedia ruang yang cukup untuk menampung keberuntungan.

Namun saat Imlek, tidak diperbolehkan menyapu rumah di hari pertama tahun baru karena itu artinya mengusir keberuntungan yang sudah hadir di rumah. Di hari berikutnya, lantai dan rumah baru boleh dibersihkan.

Sampah-sampah yang disapu tidak boleh dibuang dulu karena masih harus diletakan di dalam rumah minimal sampai hari ke lima Imlek, barulah sampah-sampah tersebut boleh dibuang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini