nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Tim Pencarian Harun Masiku, Polri: Prinsipnya Kami Membantu

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 25 337 2158062 soal-tim-pencarian-harun-masiku-polri-prinsipnya-kami-membantu-mu2jqz4ieN.jpg Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Argo Yuwono. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono mengatakan pihaknya akan membantu mencari eks calon anggota legislatif PDI Perjuangan Harun Masiku, yang terjerat kasus dugaan suap yang menyeret mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Namun, Argo tidak secara tegas menyatakan apakah pihaknya saat ini sudah atau akan membuat tim khusus untuk memburu Harun tersebut.

"Prinsipnya polisi akan membantu mencari," kata Argo saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (25/01/2020).

Sayangnya, Argo tidak menjelaskan soal apakah tim pencarian itu sudah terbentuk atau belum. Ia juga tidak menjawab mengenai dari unsur mana saja tim pencarian itu sendiri jika nantinya dibentuk.

Sebelumnya, Argo mengatakan tidak bisa menjelaskan kepada awak media perihal tim tersebut. Menurutnya, hal itu bisa mengganggu proses pencarian itu sendiri.

"Kalau nanti kita sampaikan semuanya, kalau nanti yang bersangkutan tahu, langsung menghindar gimana? Kita bentuk tim untuk cari," tuturnya.

Perburuan Harun belakangan menuai tanda tanya setelah dikabarkan berada di Singapura sejak tanggal 6 Januari 2020. Namun, beredar kabar bahwa Harun sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari atau dua hari sebelum dilakukan operasi senyap KPK.

Pihak Ditjen Imigrasi Kemenkumham pun awalnya menyebut Harun masih di Singapura pascakepergiannya pada 6 Januari tersebut. Namun hal itu diralat oleh pihak imigrasi setelah beredar rekaman CCTV di Bandara Soetta yang memperlihatkan terduga Harun Masiku.

"Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta, bahwa HM telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada 7 Januari 2020," kata Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie, kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Harun Masiku  (Foto : KPU)

Melansir dari rekaman kamera pemantau yang diperoleh iNews TV, detik-detik kehadiran Harun Masiku di Bandara Internasional Indonesia itu terlihat jelas, sebagaimana tertuang dalam rekaman CCTV terminal 2 Bandara Soetta.

Pada rekaman itu tercatat Harun tiba sekira pukul 17.00 WIB menggunakan Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 7156.

Harun merupakan eks caleg asal PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pemulusan proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR oleh KPK. Ia lolos dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 8-9 Januari 2020. Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini