nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Setuju Usulan PDIP, Hanura Sebut Ambang Batas Parlemen Ideal 3%

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 23:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 24 337 2158033 tak-setuju-usulan-pdip-hanura-sebut-ambang-batas-parlemen-ideal-3-hgPPviN7W5.jpg Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. (Ist)

JAKARTA – Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengaku tak setuju dengan usulan PDI Perjuangan (PDIP) yang ingin menaikkan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold menjadi 5%.

Menurut dia, angka ideal sebuah parliamentary threshold itu hanya 3%.

"3% gitu (idealnya-red)," kata OSO di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Ia menilai, usulan ambang batas parlemen 5% tak rasional karena dapat membatasi ruang gerak partai kecil dalam menjalani proses demokrasi.

"Jadi kalau semua yang dapat berilah angka yang reasonable, yang kira-kira semua partai bisa ikut serta," ujarnya.

Sekadar informasi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold adalah syarat yang mesti dipenuhi partai politik untuk meraih kursi di DPR. Partai yang tidak mampu meraih ambang batas tidak akan bisa duduk di Senayan.

ilustrasi (Dok Okezone)

Pada Pemilu 2019, ambang batas parlemen adalah 4%. Atas besaran batas ini, sejumlah parpol yang telah lolos verifikasi di KPU tidak bisa melenggang ke Senayan.

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto memerintahkan DPP partai dan fraksi DPR RI untuk memperjuangkan revisi UU Pemilu. Revisi tersebut bertujuan mengembalikan pemilu menggunakan sistem proporsional tertutup, meningkatkan ambang batas parlemen sekurang-kurangnya 5%.


Baca Juga : PKS Sepakat Usulan Ambang Batas Parlemen Jadi 5%

"Pemberlakuan ambang batas parlemen ini secara berjenjang. 5% untuk DPR RI, 4% DPRD provinsi, dan 3% DPRD kabupaten/kota," ujar Hasto usai penutupan Rakernas I PDIP di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.


Baca Juga : PSI Kaji Untung-Rugi Usulan Kenaikan Parliamentary Threshold 5%

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini