nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kemunculan Kerajaan Unik yang Menghebohkan Publik

Maulidia, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 06:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 24 337 2157474 6-kemunculan-kerajaan-unik-yang-menghebohkan-publik-Dbw6N57PAT.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Belum habis kehebohan munculnya Kerajaan Agung Sejagat. Kini, muncul kerajaan Sunda Empire-Earth Empire yang kembali menghebohkan publik.

Kerajaan-kerajaan yang muncul karena klaim sepihak itu menuai banyak polemik di masyarakat. Polisi pun bergerak cepat menangkap Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) yang merupakan Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat. Keduanya ditetapkan tersangka karena menyebarkan berita bohong.

Okezone pun merangkum enam kemunculan kerajaan yang menggegerkan publik:

1. Kerajaan Ubur-Ubur

Warga Serang, Banten dihebohkan dengan munculnya kerajaan aneh yang bernama Kerajaan Ubur-Ubur. Kerajaan yang muncul pada 2008 itu diketahui merupakan komunitas keagamaan yang berdiri Jalan Sayabulu, Serang, Banten.

Komunitas yang dipimpin oleh sepasang suami istri yang mengaku sebagai jelmaan Nyi Roro Kidul kerap mengadakan pertemuan bersama para pengikutnya setiap hari Kamis hingga Jumat dini hari. Kerajaan ini hanya memiliki 20 orang pengikut.

 Ubur-Ubur

Struktur organisasi yang berada di Kerajaan Ubur-ubur terbilang lengkap. Struktur tersebut terdiri dari Aisyah sebagai ratu dan Rudi sebagai raja. Tak tanggung-tanggung, tujuan didirikannya Kerajaan Ubur-Ubur ini setelah raja dan ratu mendapat bisikan gaib untuk membobol dua bank Internasional, yakni Bank Swiss dan Bank Griffin 1999 Birmingham.

2. Kerajaan Tahta Suci

Siapa yang tak kenal Lia Eden. Perempuan yang mendirikan Kerajaan Tahta Suci itu menghebohkan publik setelah menjadi Rasul dari Kerajaan Surga. Perempuan asal Surabaya itu mengaku sebagai Jibril dan Mesias yang akan menjadi juru selamat sebelum tibanya hari kiamat.

Tak hanya itu, Lia Eden juga mengakui dirinya sebagai reinkarnasi dari Bunda Maria yang merupakan Ibu dari Yesus Kristus. Sementara itu, anaknya Ahmad Mukti mengklaim dirinya reinkarnasi sebagai Isa Almasih.

Lia juga menyampaikan kepada siapa saja tentang akhir zaman yang akan terjadi pada akhir Mei 2015 lalu.

 Lia Eden

Klaim lainnya yang menghebohkan publik dari Lia Eden yakni tatkala dirinya menyatakan bahwa akan ada UFO yang mendarat di Monas untuk membawa dirinya bersama para pengikutnya.

3. Kerajaan Satria Piningit Weteng Buwono

 

Kerajaan Satria Piningit Weteng Buwono berdiri di Ibu Kota pada 2008 lalu, tepatnya di kawasan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kerajaan ini dipimpin oleh Agus Imam Solichin sebagai raja.

Agus miliki 40 orang pengikut dengan rincian 12 di antaranya masih anak-anak. Ciri khas Kelompok Satria Piningit Weteng Buwono tidak memiliki kostum khusus yang mencolok. Mereka hanya kompak memakai gelang batu giok berwarna dan menggunakan ikat kepala merah putih.

4. Kerajaan Jipang

 

Kerajaan unik kembali muncul dan menghebohkan Indonesia, yakni Kerajaan Jipang di Blora, Jawa Tengah. Kerajaan Jipang sempat mati dan kembali berdiri pada tahun 2014 lalu. Dua tahun setelahnya, Kerajaan ini sempat menyelenggarakan kirab budaya dengan bantuan dari pemerintah setempat.

Kerajaan Jipang atau biasa disebut dengan Kerajaan Kadipaten Jipang merupakan nama sejarah yang disebut dalam beberapa kronik di Jawa, khususnya yang terkait dengan Kerajaan Demak. Munculnya Kerajaan Jipang membuktikan adanya peninggalan yang masih ditemukan di daerah setempat, termasuk area persawahan.

Salah satu pangeran terpenting yang mengatakan Jipang merupakan sebuah kerajaan bawahan dari Kerajaan Demak, yakni Gusti Pangeran Raja Adipati Arya Jipang II, Barik Barliyan. Menurut dia, nama Jipang sering muncul dalam catatan sejarah karena penguasanya yang terkenal, Arya Penangsang alias Arya Jipang yang merupakan Sultan Demak ke-5.

 

5. Kerajaan Agung Sejagat

 

Munculnya Kerajaan Agung Sejagat sempat viral dan menghebohkan warganet karena mengklaim kerajaan mereka adalah penerus dari Kerajaan Majapahit dan memiliki kekuasaan lainnya di seluruh dunia. Kerajaan tersebut viral lantaran memposting foto acara kirab budayanya di media sosial.

Kerajaan ini miliki pengikut sebanyak 450 orang. Struktur kerajaan ini diketahui mempunyai 13 menteri hingga miliki cabang di daerah. Kerajaan Agung Sejagat diklaim untuk menunaikan janji 500 tahun dari runtuhnya Kerajaan Majapahit pada 1518.

Toto Santoso yang mengkalim sebagai raja ini turut membangun pendopo dan sendang atau kolam yang ada di sebelah utara, yang keberadaannya telah disakralkan. Tidak hanya itu, di kerajaan tersebut juga memiliki sebuah batu yang menjadi prasasti Kerajaan Agung Sejagat.

6. Kerajaan Sunda Empire

 

 

Belum berhenti kehebohan Kerajaan Agung sejagat, publik kembali digegerkan viralnya Kerajaan Sunda Empire-Earth Empire di Bandung. Munculnya Sunda Empire diduga kuat ada keterkaitan dengan Kerajaan Agung Sejagat.

Keberadaan Sunda Empire-Earth Empire terungkap saat akun Facebook bernama Renny Khairani Miller mengunggah foto mengenakan seragam layaknya angkatan militer yang lengkap dengan baret berwarna biru di kepala. Renny memposting foto bersama ratusan pengikutnya yang menggunakan seragam serupa.

Foto yang diunggah Renny pada 9 Juli 2019 itu terlihat membawa spanduk bertuliskan Sunda Empire-Earth Empire. Keberadaan Sunda Empire memberikan prediksi bahwa pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020 mendatang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini