nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemunculan Kerajaan Dinilai Dilandasi Motivasi Status Sosial

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 24 337 2157470 kemunculan-kerajaan-dinilai-dilandasi-motivasi-status-sosial-PSZXqxKxUq.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Belakangan ini muncul beberapa kerajaan yang cukup mengejutkan masyarakat. Salah satunya yang menarik perhatian adalah Keraton Agung Sejagat.

Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Sigit Rochadi mengungkapkan, motivasi munculnya kerajaan itu dilandasi adanya kehendak untuk meningkatkan status sosial dalam bermasyarakat.

"Motivasinya, mereka ingin hidupnya naik status, naik kelas, punya prestise dan dihargai orang lain," kata Sigit kepada Okezone, Jumat (24/1/2020).

 Baca juga: Raja Toto Mengelak Tuduhan Menipu Pengikut Keraton Agung Sejagat

Menurut Sigit, dengan dilandasi hal tersebut, segelintir orang menghidupkan kembali nilai budaya, dengan cara yang salah untuk menjadi sarana mobilitas vertikal.

"Mereka tidak bisa menggunakan sarana yang umum sekarang ini seperti teknologi dan modal," ujar Sigit.

Selain itu, kata Sigit, segelintir orang itu juga memanfaatkan ruang-ruang demokrasi. Sehingga, menurut Sigit, pembentukan wacana dan opini dilakukan oleh oknum-oknum itu.

"Kebetulan ada kesempatan/ruang yaitu demokrasi dan mereka memanfaatkannya," ucap Sigit.

 Baca juga: Keraton Agung Sejagat Punya Ritual Mandi di Sendang, Begini Aturannya

Kemunculan keraton agung sejagat itu mendadak viral setelah menggelar deklarasi pada 29 Desember 2019 dan kirab budaya pada 10 Januari 2020.

Polisi bertindak cepat, Raja dan Ratu abal-abal kerajaan itu langsung ditangkap untuk menjalani pemeriksaan. Kini keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka karena telah membuat onar dan penipuan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini