Tanpa Demokrat, Panja Jiwasraya Komisi VI DPR Jalan Terus

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 23 Januari 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 337 2157394 tanpa-demokrat-panja-jiwasraya-komisi-vi-dpr-jalan-terus-q0rms80Dli.jpg Aria Bima (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi VI DPR RI Aria Bima menyatakan, Fraksi Partai Demokrat tidak akan mengirimkan nama untuk masuk Panitia Kerja (Panja) kasus PT Jiwasraya (Persero). 

"Oh ya, sudah disampaikan itu (Fraksi Demokrat) bahwa tidak mengirim (nama ke Panja)," kata Aria usai rapat Panja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Meski Fraski Demokrat tak mengirimkan nama, kata Aria, Panja akan tetap bisa bekerja karena ada delapan dari sembilan fraksi sudah sepakat membuat Panja dalam menangani persoalan Jiwasraya.

"Oh tanpa (fraksi Demokrat), enggak hadir tadi di acara Panja dan kami tidak mempersoalkan. Karena dari sembilan fraksi, delapan sudah menyetujui," papar Aria.

Baca Juga: Pekan Depan, Panja Akan Panggil Erick Thohir dan Direksi Jiwasraya 

Aria mengatakan, Fraksi Demokrat tetap berusaha mendorong agar dibuat Panitia Khusus (Pansus) dalam menyelesaikan persoalan Jiwasraya. Mereka mengganggap lebih efektif.

"Demokrat akan berusaha memberi masukan kepada fraksi lain supaya penyelesaian persoalan gagal bayar ini lebih efektif menggunakan mekanisme instrumen Pansus," kata Aria.

"(Sedangkan) Pansus itu menurut UU MD3, kebijakan yang dinilai ada pelanggaran undang-undang dan terjadi pelanggaran konstitusi," imbuhnya.

Demokrat

Sekadar diketahui, Panja Permasalahan Asuransi Jiwasraya akan diketuai Aria Bima dari Fraksi PDIP dan Mohamad Hekal dari Fraksi Gerindra sebagai Sekretaris. Panja akan diisi 30 orang dari sembilan Fraksi di DPR.

Tidak adanya Fraksi Demokrat, maka Panja Komisi VI DPR RI terkait kasus Jiwasraya hanya berisikan 28 orang dan terdiri dari delapan fraksi di DPR.

Baca Juga: Komisi III Harap Panja Bisa Bongkar Aktor Intelektual Kasus Jiwasraya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini