nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Perkuat Diplomasi Pertahanan untuk Redam Ketegangan Antarnegara

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 16:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 23 337 2157276 jokowi-perkuat-diplomasi-pertahanan-untuk-redam-ketegangan-antarnegara-E1Y712ljh9.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terus melakukan diplomasi pertahanan dengan negara-negara lain guna meredam ketegangan antarnegara.

"Indonesia perlu terus memperkuat diplomasi pertahanan untuk meredam ketegangan antarnegara, sambil tetap siap menggelar kekuatan bersenjata untuk melakukan penegakan hukum di wilayah Indonesia," tulis Jokowi dalam akun pribadi Instagram-nya, Kamis (23/1/2020).

Kepala Negara memberikan arahannya dalam Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan, TNI dan Polri Tahun 2020 di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Kemenhan.

"Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri tahun 2020 berlangsung di Jakarta, hari ini. Di lokasi penyelenggaraan rapim juga digelar pameran produk alutsista produksi dalam negeri baik dari BUMN maupun swasta," ujar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku senang melihat sinergi TNI dan Polri, yang saling mendukung dan mengisi satu sama lain, berdiri paling depan menjaga dan memperkokoh kedaulatan NKRI.

Jokowi dan Prabowo

"Kita tahu bersama, tantangan kita ke depan juga akan semakin berat. Selain isu kedaulatan, tantangan lain muncul seperti semakin meluasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia. Dari konflik internal, perang asimetris seperti gerilya dan teror, perang proxy menggunakan pihak ketiga, sampai perang hybrid yang menggabungkan strategi militer dan nonmiliter maupun strategi konvensional dan nonkonvensional," tutur Jokowi.

Ia pun mendorong TNI berani memulai untuk membangun berbagai instrumen militer berteknologi canggih guna menghadapi tantangan bangsa Indonesia yang semakin berat ke depan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini