nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Prabowo Susun Rencana Strategis Kesejahteraan Prajurit

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 15:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 23 337 2157218 jokowi-minta-prabowo-susun-rencana-strategis-kesejahteraan-prajurit-00XmjJltoR.jpg Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Okezone/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto agar menyusun rencana strategi (renstra) untuk kesejahteraan prajurit. Baik itu yang berkaitan dengan perumahan, kesehatan, hingga tunjangan kinerja. 

Arahan itu diberikan Jokowi dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), TNI, dan Polri Tahun 2020 di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Kepala Negara juga mengapresiasi prajurit-prajurit yang bertugas di lokasi-lokasi yang sulit dan perbatasan, misalnya di Natuna.

"Saya sangat mengapresiasi prajurit-prajurit kita yang bertugas di lokasi-lokasi tersulit. Saya lihat kemarin di Natuna ada markas baru Marinir, ada markas TNI komposit di sana juga ada dengan kompleks yang saya kira besar," kata Jokowi melalui siaran pers yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Kedaulatan NKRI Harga Mati

Jokowi dan Prabowo di Kemenhan Foto: Fahreza Rizky

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, komitmen pemerintah untuk terus berusaha meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan prajurit serta pensiunan TNI. Pemerintah, lanjut dia, juga telah melakukan perubahan struktur organisasi TNI sehingga bisa menambah posisi bagi perwira tinggi dan turunannya ke bawah.

"Kita juga akan mengajukan revisi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, antara lain yang berkaitan dengan urusan pensiun bagi perwira, bintara, dan tamtama yang selama ini usia pensiun 53 tahun akan kita usulkan untuk diubah menjadi 58 tahun," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD; Menhan Prabowo Subianto; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto; Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo; Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko; Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto; Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo.

Baca Juga: Bangun Jembatan Tumbang Samba, Jokowi Berharap Bisa Buka Kawasan Terisolasi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini