nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi III Harap Panja Bisa Bongkar Aktor Intelektual Kasus Jiwasraya

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 14:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 23 337 2157187 komisi-iii-harap-panja-bisa-bongkar-aktor-intelektual-kasus-jiwasraya-wg2kXgufDi.jpg Ketua Komisi III DPR Herman Herry (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Komisi III DPR RI sepakat untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) dalam menangani kasus asuransi PT Jiwasraya (Persero). Panja baru akan dibentuk setelah menggelar rapat internal dengan pihak Kejaksaan Agung.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan, dibentuknya Panja ini untuk mengawasi langkah Kejaksaan Agung yang sudah menangani kasus hukum Jiwasraya.

“Pembentukan Panja ini adalah dalam rangka mengawasi dan mendukung langkah-langkah tim Kejaksaan Agung dalam hal menyidik kasus Jiwasraya,” ujar Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Panja Komisi VI Terkait Kasus Jiwasraya Rapat Perdana Sore Ini

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berkata, terbentuknya Panja merupakan aspirasi dan kesepakatan semua fraksi yang ada di dalam Komisi III. “Panja jiwasraya sebenarnya mengikuti aspirasi dari mayoritas fraksi yang ada di Komisi III,” ujar Herman.

Jiwasraya

Selain itu, Herman berharap Panja dapat mengungkap siapa saja aktor-aktor intelektual yang terlibat selain lima orang yang sudah ditetapkan tersangka. Kendati dirinya tetap menekankan agar Panja tak akan mengintervensi proses penegakan hukum.

“Saya pengen tahu nanti dalam Panja, siapa sih aktor intelektual yang ada di belakang ini selain orang-orang ini kalau memang ada. Kita tidak bisa suudzon bahwa mencurigai menduga boleh saja,” ujar Herman.

“Namun, fungsi Panja nanti bukan berarti mengintervensi kerja-kerja penyidikan. Kerja penyidikan ini ada banyak hal, ada kerja intelijen, ada kerja penyidikan profesional. Tentunya hal-hal yang bersifat intelijen dan rahasia tidak bisa Panja mengintervensi dan dibuka ke media,” imbuhnya.

Baca Juga: Kejagung Blokir 35 Rekening Bank Milik 5 Tersangka Kasus Jiwasraya

Sekadar informasi dalam kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Jiwasraya, Kejagung telah menetapkan lima orang sebagai tersangka.

Mereka yang dijadikan tersangka itu adalah eks Direktur Utama PT Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan, Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presiden Direktur PT TRAM Heru Hidayat, dan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini