nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 23 Januari: Lahirnya Megawati Soekarnoputri & Mbak Tutut

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 07:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 23 337 2156932 peristiwa-23-januari-lahirnya-megawati-soekarnoputri-mbak-tutut-RehWlxAlhF.jpg Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (foto: Okezone)

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi, pada tanggal 23 Januari tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah, kelahiran dari Megawati Soekarnoputri dan Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 23 Januari dari Wikipedia, antara lain:


1. Lahirnya Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. Dia adalah Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.

Ia merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan putri dari presiden Indonesia pertama, Soekarno, yang kemudian mengikuti jejak ayahnya menjadi Presiden Indonesia. Pada 20 September 2004, ia kalah suara dari Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilu Presiden 2004 putaran yang kedua


2. Kudeta APRA

Pada 23 Januari 1950 terjadi Peristiwa Kudeta APRA di Bandung, Jawa Barat yang dipimpin mantan komandan DST atau Pasukan Khusus KNIL Raymond Westerling.

Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adilatau Kudeta 23 Januari adalah peristiwa yang terjadi pada 23 Januari 1950 di mana kelompok milisi Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang ada di bawah pimpinan mantan Kapten KNIL Raymond Westerling yang juga mantan komandan Depot Speciale Troepen (Pasukan Khusus) KNIL, masuk ke kota Bandung dan membunuh semua orang berseragam TNI yang mereka temui.

Aksi gerombolan ini telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya oleh Westerling dan bahkan telah diketahui oleh pimpinan tertinggi militer Belanda.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini