Harun Masiku Sudah Kembali ke Indonesia, DPR: Kita Percaya Dirjen Imigrasi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 22 Januari 2020 19:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 22 337 2156801 harun-masiku-sudah-kembali-ke-indonesia-dpr-kita-percaya-dirjen-imigrasi-kLosVrnkkJ.jpg Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa (foto: Okezone/Harits)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa turut berbicara mengenai polemik tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku yang sudah kembali ke Indonesia sejak 7 Januari lalu.

Demond mengatakan, dirinya lebih percaya ucapan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ronny Franky Sompie dibandingkan dengan Menkum HAM Yasonna Laoly terkait posisi Harun Masiku pasca-menjadi tersangka.

Baca Juga: Harun Masiku Kembali ke Indonesia Sejak 7 Januari, Kenapa Bisa Lolos OTT KPK? 

“Ya kita percaya Dirjen (Imigrasi) dong daripada Menteri,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Harun Masiku 1 (Foto : KPU)	 

Sebelumya, pernyataan Yasonna bertolak belakang dengan Ronny Franky Sompie. Di mana Yasonna menyatakan bahwa Harun Masiku masih berada di luar negeri.

Desmond menjelaskan, mengapa dirinya lebih percaya pernyataan Ronny dibandingkan Yasonna karena susah membedakan antara sebagai menteri dan orang partai.

“Ada apa dengan kepemimpinan Menteri Laoly di Kemenkumham yang berbeda dengan Dirjen Imigrasi,” tuturnya.

Di samping itu, Desmond mengatakan, bisa saja permasalahan ini bakal dibahas didalam rapat kerja antara Komisi III dengan Kementerian Hukum dan Ham.

“Kalau saya pimpinan enggak akan ngangkat hal-hal kayak gini lah. Tapi kalau ada anggota yang nanya, ya sah-sah saja,” tutup Desmond.

Diketahui sebelumnya Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ronny Franky Sompie mengaku telah menerima informasi kepulangan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku ke Indonesia.

Baca Juga: Dirjen Imigrasi: Harun Masiku Sudah di Indonesia Sejak 7 Januari 

Menurut data dan informasi yang diterima Ronny, Harun kembali ke Indonesia pada Selasa, 7 Januari 2020, melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta, bahwa HM telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020," kata Ronny saat dikonfirmasi Okezone di Jakarta, Rabu (22/1/2020). 

(fid)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini