nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Tunggu Audit BPK Terkait Dugaan Korupsi Asabri

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 21 337 2156233 polri-tunggu-audit-bpk-terkait-dugaan-korupsi-asabri-ZKn6KOqqqV.jpg Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Argo Yuwono. (Foto: Okezone.com/M Rizky)

JAKARTA – Polri menunggu langkah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri), apakah akan menyerahkan hasil audit ke Polri atau ke Kejaksaan.

"Kami menunggu dari BPK nanti dari BPK kalau selesai audit, apakah diserahkan kepolisian atau ke Kejaksaan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Argo memastikan pihaknya siap melakukan penyelidikan maupun penyidikan terkait dugaan korupsi di Asabri, setelah audit BPK rampung.

"Kami menunggu intinya polisi siap saja sambil nunggu audit BPK," ujar Argo.

Sebagai bentuk keseriusan, Polri telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan terkait dengan kasus tersebut. "Tentunya kepolisian bentuk tim verifikasi," ucap Argo.

Brigjen Argo Yuwono.

Dugaan korupsi yang menyeret Asabri mencuat ke publik lewat pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Ia menyebut nilai dugaan korupsi di PT Asabri tak kalah besar dengan kasus PT Jiwasraya, yakni Rp10 triliun.

Belakangan, BPK membeberkan potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp10 sampai Rp16 triliun terkait dugaan korupsi tersebut. BPK saat ini masih melakukan proses pengumpulan data dan informasi terkait kasus dugaan korupsi di PT Asabri.

Dirut PT Asabri, Sonny Widjaja menyangkal adanya dugaan korupsi di lembaganya. Ia secara tegas membantah semua pemberitaan terkait dugaan korupsi itu. Bahkan, Sonny mengancam akan memperkarakan pihak-pihak yang berbicara tanpa data dan fakta.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini