nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Barang Bukti Pembunuhan Hakim Jamaluddin yang Dihilangkan Tersangka

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 17:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 337 2156185 ini-barang-bukti-pembunuhan-hakim-jamaluddin-yang-dihilangkan-tersangka-D1STQQwJkb.jpg AKBP Maringan Simanjuntak. (Foto: Okezone.com/Wahyu Aulia)

MEDAN – Dua eksekutor hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin memusnahkan sejumlah barang yang mereka gunakan saat pembunuhan. Penghilangan barang bukti dilakukan dengan cara dibuang dan dibakar. Hal ini terungkap dalam reka ulang atau rekonstruksi kasus tahap III, Selasa (21/1/2020).

Kasat Reserse Kriminal Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak mengatakan, peralatan yang dimusnahkan tersangka adalah sarung tangan, dua unit handphone, jaket, baju, helm, dan sepatu. Mereka memusnahkan barang bukti untuk menghilangkan jejak.

“Barang bukti yang dibuang itu sarung tangan dan dua unit handphone. Sarung tangan dibuang di Desa Suka Damai, tak jauh dari lokasi pembuangan mayat. Sementara dua unit handphone dibuang ke sungai di Desa Namo Rih,” kata Maringan di lokasi rekonstruksi.

Sedangkan barang bukti yang dibakar yakni sepatu, jaket, baju dan helm. “Barang bukti tersebut dibakar di rumah tersangka RF di Jalan Anyelir, Kecamatan Medan Tuntungan,” sebutnya.

(Foto: Okezone.com/Wahyudi Aulia)

Kedua eksekutor, yakni Jefri Pratama (JP) dan Reza Fahlevi (RF) dihadirkan dalam rekonstruksi. Mereka memperagakan adegan demi adengan di hadapan perwakilan Jaksa.

Baca juga: Istri Sempat Tidur 3 Jam Bareng Jenazah Hakim Jamaluddin Sebelum Buang Mayatnya

“Semua barang bukti dihilangkan oleh para tersangka. Tapi kita mendapatkan saksi yang melihat mereka keluar dari lokasi," kata Maringan.

Dalam rekonstruksi ketiga ini, 6 adegan diperagakan tersangka. Sementara pada rekonstrusi pertama berisi adegan perencanaan pembunuhan. Sedangkan rekonstruksi kedua terkait eksekusi pembunuhan dan pembuangan mayat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini