nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bertolak ke Jakarta saat Kapal Pembawa Wartawan Terbalik di Labuan Bajo

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 14:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 21 337 2156063 jokowi-bertolak-ke-jakarta-saat-kapal-pembawa-wartawan-terbalik-di-labuan-bajo-11ZdSvmhoS.jpg Presiden Jokowi saat meninjau kesiapan Labuan Bajo (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertolak menuju Jakarta saat Kapal Phinisi pembawa rombongan wartawan Istana Kepresidenan terbalik di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Delapan orang wartawan dan seorang pegawai Biro Pers Istana Kepresidenan menjadi korban.

"Karena setelah acara terakhir di Labuan Bajo, yaitu penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat pada Selasa pagi, 21 Januari 2020, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung ke Bandara Komodo untuk kembali ke Jakarta," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangannya, (21/1/2020).

Sementara para wartawan memilih ke dermaga menaiki kapal menuju Pulau Bidadari. Desca, salah seorang wartawan yang ikut rombongan mengatakan, ketika perjalanan kembali dari Pulau Bidadari, terjadi perubahan cuaca.

"Pas perjalanan pulang (ke darat) tiba-tiba anginnya gede. Terbalik semua," kata Desca, wartawan Antara.

Kapal pembawa wartawan terbalik di Labuan Bajo Foto: Ist

Baca Juga: Wartawan di Kapal Phinisi yang Tenggelam Akan Meliput Profil Pulau Bidadari

Wartawan Harian Kompas, Nina Susilo menambahkan, pada awalnya cuaca dalam keadaan cerah saat rombongan wartawan berlayar guna menghabiskan waktu sebelum bertolak ke Jakarta pada hari ini. 

"Kami juga berlayar tidak jauh cuma ke arah Pulau Bidadari tai usetelah putar balik dan berlayar kembali ke tempat awal, tiba-tiba angin kencang," ujarnya.

Saat itu, lanjut dia, kru kapal langsung berusaha menurunkan layar, namun nahas ombak yang besar segera menenggelamkan kapal. "Tapi kapal oleng dan terguling," tuturnya.

Saat ini, semua penumpang yang diangkut kapal penyelamat sudah berada di daratan dan dalam penanganan tim medis. Namun, barang-barang seperti laptop, kamera, handphone dan dompet tenggelam.

Baca Juga:  Kapal Ditumpangi Wartawan Istana Tenggelam di Labuan Bajo, Seluruh Penumpangnya Selamat

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini