nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Fraksi PPP Keberatan dengan Penghapusan Sertifikat Halal di RUU Omnibus Law

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 337 2156053 fraksi-ppp-keberatan-dengan-ruu-omnibus-law-soal-penghapusan-sertifikat-halal-iYuX1dUJkl.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di DPR RI menyatakan keberatannya terhadap draft Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja. Di mana dalam draft tersebut menghapus sertifikat produk halal dan perda syariah.

“Terhadap penghapusan kewajiban produk bersertifikat halal tersebut, Fraksi PPP menyatakan keberatan,” ujar Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI, Achmad Baidowi dalam keterangannya yang diterima Okezone di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Baca Juga: Omnibus Law RUU Lapangan Kerja Akan Menghapus Sertifikasi Produk Halal?

Meski demikian ia menyatakan, PPP sepakat dengan ide pemerintah untuk mempercepat investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi jangan sampai mengabaikan fakta-fakta yang menjadi kewajiban bagi umat Islam.

“Bahwa sebenarnya Islam itu tidak menghambat pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu perlu pengaturan yang berkesesuaian antara percepatan ekonomi dengan norma-norma yang menjadi keyakinan mahluk beragama,” katanya.

“Begitupun dengan ketentuan Perda-perda juga harus dibaca dalam kerangka semangat otonomi daerah yang sesuai karakteristik dan kearifan lokal. Sebaiknya harus cermat betul dalam persoalan ini,” tambah pria yang biasa disapa Awiek.

Diketahui berdasarkan draf Pasal 552 RUU Cipta Lapangan Kerja yang beredar, sejumlah pasal di UU Jaminan Halal akan dihapus yaitu Pasal 4, Pasal 29, Pasal 42, Pasal 44. Pasal 4 UU Jaminan Halal mewajibkan semua produk yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal.

Menurut Baidowi yang perlu ditekankan bahwa mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Sehingga, menurutnya, sudah sepatutnya jika dalam amaliahnya mengikuti ajaran agama, diantaranya terkait dengan penggunaan produk halal.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini