nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaksa Agung Janji Bakal Tuntaskan Peristiwa Semanggi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 13:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 20 337 2155467 jaksa-agung-janji-bakal-tuntaskan-peristiwa-semanggi-QsU7J4DHIL.jpg Jaksa Agung ST Burhanuddin (foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA - Jaksa Agung ST Burhanuddin mendapatkan cecaran dari anggota Komisi III DPR usai menyebut peristiwa Semanggi I dan II tidak masuk dalam pelanggaran HAM berat usai merujuk pada keputusan DPR tahun 2001.

Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari menanyakan komitmen dari Jaksa Agung dalam menuntaskan pelanggaran HAM yang belum usai. Seperti halnya peristiwa Semanggi I dan Semanggi II.

Baca Juga: Semanggi I dan II Bukan Pelanggaran HAM Berat, Komnas HAM: Sikap Jaksa Agung Dipertanyakan 

“Kita ingin ada penyelesaian kalau ada sebuah pelanggaran HAM ada sebuah peristiwa serius yang terjadi di masa lalu tak terselesaikan, maka negara akan mengarah pada impunitas ada kejahatan tanpa penyelesaian,” kata Taufik di ruang rapat komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (20/1/2020).

Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin/Foto: Arie Bojes	 

Menurut Taufik, publik harus mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Apalagi terdapat dua pandangan berbeda antara keputusan DPR dan Komnas HAM yang bertolak belakang terkait peristiwa Semanggi I dan II itu.

“Kenapa ini tetap harus dibuka prosesnya pada Juli 2001? Ada dua pandangan; yang pertama mayoritas mengatakan bukan pelanggaran HAM berat, yang kedua ingin mengarah kan kasus itu kepada pengadilan biasa dan militer, tapi kenyataannya pun juga, pengadilan biasa dan militer ini juga tidak ada penuntasan sama sekali,” ujarnya.

“Kita ingin tahu seperti apa yang terjadi semanggi satu dan dua agar hak publik untuk tahu harus terpenuhi,” imbuh Taufik.

Merespon hal tersebut, Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan pihaknya akan menuntaskan pelanggaran HAM berat seperti peristiawa Semanggi I dan II.

Hanya saja dia berkata, perkara-perkara tersebut sudah memenuhi syarat formil dan materil. "Kami siap menuntaskan perkara-perkara yang ada tetapi dengan catatan perkara itu memenuhi syarat materiil dan formil. Itu adalah suatu janji saya, saya ingin perkara ini tuntas," kata Burhanuddin.

Baca Juga: Soal Tragedi Semanggi, Mahfud MD Bakal Tanya Jaksa Agung 

Menurut Burhanuddin, pihaknya akan melakukan itu agar tuntas dan kedepannya kasus pelanggaran HAM tak menjadi beban. Dia pun bakal bekerja sama dengan Komnas HAM, Kemenko Polhukam terkait penuntasan kasus tersebut

“Insya Allah kami nanti akan kerja sama dengan Komnas HAM, mungkin juga Menko Polhukam. Kami sudah dipertemukan, tetapi materinya, tetapi yakin, Pak, keinginan kami ingin menuntaskan ini. Insya Allah dan kami mohon dukungan," papar Burhnanuddin.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini