nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadikan Labuan Bajo Destinasi Unggulan, Jokowi Minta 5 Zona Ini Ditata

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 13:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 337 2155431 jadikan-labuan-bajo-destinasi-unggulan-jokowi-minta-5-zona-ini-ditata-NRP7ATCOHo.jpg Jokowi ratas di Labuan Bajo. (Foto: Setkab.go.id/Anggun)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (Ratas) mengenai Pengembangan Destinasi Wisata Labuan Bajo. Ratas dihelat di Plataran Komodo Resort, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1/2020).

Dalam arahannya, Kepala Negara menyampaikan lima kawasan yang perlu ditata guna menjadikan Labuan Bajo sebagai "Bali Baru", sebagai andalan pariwisata di Indonesia.

"Yang pertama, yang berkaitan dengan penataan kawasan. Kita memang ingin agar segmen pasar wisatawan yang hadir di sini, adalah yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan. Dan oleh sebab itu, kita perlu sekali melakukan integrasi, baik yang berkaitan dengan kerapian, kebersihan, dan kenyamanan, keamanan bagi para wisatawan," ujar Jokowi dilansir dari Setkab.go.id

Jokowi mendorong pembangunan lebih banyak hotel berbintang di Labuan Bajo, sebagai bagian dari penataan lima zona di sana.

"Ada lima zona yang harus kita tata, yaitu yang pertama yang ada di Bukit Pramuka, kemudian kedua yang di Kampung Air, ketiga di pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, dan kemudian yang keempat di kawasan marina, yang kelima di zona Kampung Ujung," ujarnya.

Salah satu tempat wisata di Labuan Bajo. (Foto: Indonesia.travel)

Salah satu tempat wisata di Labuan Bajo. (Foto: Indonesia.travel)

Jokowi mengatakan, lima zona tersebut akan menjadi ruang publik yang tidak terputus untuk menghadirkan sebuah landscaping yang indah dan menjadi generator penggerak pembangunan, serta pusat aktivitas masyarakat.

"Yang kedua, yang berkaitan dengan Infrastruktur. Saya berharap ini awal tahun ini runway dan terminal akan segera dimulai," harapnya.

Jokowi berharap masyarakat lokal harus menikmati dan menjadi bagian dari pembangunan yang dilakukan. "Karena itu SDM masyarakat lokal cepat-cepat harus kita tingkatkan keahliannya, kompetensinya, baik dari sisi keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri pariwisata yang ingin kita kerjakan," kata Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini