Komisi III Bentuk Panja Jiwasraya jika Keterangan Kejagung Tak Memuaskan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 20 Januari 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 337 2155380 komisi-iii-bentuk-panja-jiwasraya-jika-keterangan-kejagung-tak-memuaskan-febwR0PGax.jpg Kantor Jiwasraya. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa menyatakan pihaknya akan membuat panitia kerja (Panja), jika keterangan dari Kejaksaan Agung dalam rapat kerja mengenai kasus korupsi di PT Jiwasraya dinilai tak memuaskan.

“Kalau keterangan hari ini tidak memuaskan teman-teman akan membuat panja,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Jika terbentuk, maka Panja Jiwasraya nantinya akan fokus ke masalah hukum PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Hal itu tak akan tumpang tindih dengan Panja Jiwasraya yang sudah dibentuk Komisi VI DPR yang bermitra dengan Kemeterian BUMN.

Baca juga: Demokrat Tegaskan Hanya Pansus yang Bisa Ungkap Dalang Jiwasraya

“Komisi III berkaitan dengan soal penegakan hukum. Dalam konteks ini tentunya melakukan pengawasan terhadap Kejagung, dalam penanganan Jiwasraya dari aspek hukum,” ucap Desmond.

Soal kemungkinan dibentuknya panitia khusus (Pansus), Desmond menyebut hal itu tergantung pimpinan fraksi partai-partai di DPR.

Demond J Mahesa. (Foto: Sindonews)

“Inilah yang jadi soal, pertanyaan adalah kepada pimpinan partai. Kalau saya jadi pimpinan Gerindra ya, kalau memang partai-partai lain sepakat untuk bikin pansus, ya pertanyaan kalian harusnya jadi pansus,” ujarnya.

Dalam kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Jiwasraya, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan lima orang sebagai tersangka.

Mereka yang dijadikan tersangka itu adalah eks Dirut PT Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan, Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presdir PT TRAM Heru Hidayat, dan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini