nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LPSK Siap Lindungi Harun Masiku, tapi Ada Syaratnya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 21:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 19 337 2155163 lpsk-siap-lindungi-harun-masiku-tapi-ada-syaratnya-ORN7ZRlfTe.jpg ilustrasi

JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) siap memberikan perlindungan kepada tersangka pemberi suap kepada Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Harun Masiku.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menjelaskan, perlindungan kepada mantan caleg PDI Perjuangan itu bisa diberikan asalkan dirinya bersedia menjadi justice collaborator.

"Bisa dalam proses itu misalnya, KPK merasa seseorang bisa menjadi justice collaborator kemudian memenuhi syaratlah kira-kira. Kemudian dirujuk ke LPSK, atau yang bersangkutan merasa memenuhi syarat untuk menjadi justice collaborator, kemudian mengajukan permohonan kepada LPSK. Ya kan kita tidak tahu ini," kata Hasto dalam sebuah diskusi di Jakarta Selatan, Minggu (19/1/2020).

Hasto menjelaskan, permohonan sebagai justice collaborator bisa diajukan sebelum persidangan. Menurut dia, Harun Masiku bisa meminta perlindungan kepada LPSK selama kesaksiannya signifikan dan memenuhi syarat.

"Tapi itu kan harus orang yang sudah ditetapkan dan potensial menjadi tersangka menjadi justice collaborator. Kalau orang yang ini kan, ngapain dia nyari penyakit," papar dia.

Hasto menegaskan, seseorang bisa meminta perlindungan LPSK bila memenuhi syarat formil dan materiil selama dirinya menjadi pelapor.

"Syarat formilnya identitas dan sebagainya. Syarat materilnya ya dia ditetapkan sebagai saksi dan korban oleh aparat penegak hukum. Bisa juga dia melapor saja ke polisi. Itu bisa menjadi dasar kalau ada perkara pidana yang dia hadapi," sambungnya.

Baca Juga : Adian Napitupulu Sebut Wajar Harun Masiku Dapat Perlindungan LPSK

Baca Juga : Dirjen Perhubungan Sebut Bus yang Kecelakaan di Subang Sudah Dimodifikasi

"Tapi LPSK akan melakukan investigasi apa betul yang bersangkutan memenuhi syarat, kesaksiannya signifikan, atau perkara yang dia mohonkan untuk terlindungi itu berjalan," kata Hasto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini