nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demokrat Tegaskan Hanya Pansus yang Bisa Ungkap Dalang Jiwasraya

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 14:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 19 337 2155060 demokrat-tegaskan-hanya-pansus-yang-bisa-ungkap-dalang-jiwasraya-J4XFlzD0Hr.jpg Wasekjen Partai Demokrat Didi Irawadi (foto: Okezone)

JAKARTA - Wasekjen Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin menilai hanya pembentukan Panitia Khusus (Pansus) DPR yang bisa mengungkap dalang kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Untuk membuat masalah ini lebih dalam dan komprehensif dan bisa mengungkapkan pelaku sampai lebih jauh hanya dengan Pansus bisa dilakukan," kata Didi usai diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Beda Pandangan Demokrat dan PDIP soal Pansus atau Panja Jiwasraya 

Kementerian BUMN-Kemenkeu Godok Restrukturisasi Jiwasraya

Menurut Didi, kewenangan dalam Pansus seperti penyelidikan hingga melakukan hak interpelasi bisa mencari pelaku utama dalam kasus tersebut.

"Pansus ini bisa mengantisipasi manakala ada pihak-pihak yang belum dikatakan terungkap, belum bisa dipanggil dalam proses penegakan hukum. Dengan haknya, Pansus hak angket tadi," tuturnya.

Didi mengingatkan, kasus Jiwasraya bisa saja terhambat karena ada orang-orang yang dipanggil tidak hadir. Untuk itu kewenangan dalam Pansus sangat pas jika dibandingkan dengan Panja.

"Jangan lupa manakala ada orang yang mangkir orang-orang yang disinyalir ada orang lain lagi, lalu menghindar proses hukum dan politik itu bisa dilakukan pemanggilan secara paksa dengan kewenangan Pansus dengan menggunakan aparat penegak hukum kepolisian," bebernya.

Baca Juga: Korban Minta Pemerintah Miskinkan Koruptor Jiwasraya 

Kejagung Amankan Mobil Mewah dan Harley Davidson dari Tersangka Jiwasraya

Apalagi, tambah Didi, kerugian negara yang ditimbulkan dalam kasus ini mencapai Rp13 triliun. Sebuah angka yang fantastis dalam sejarah dan harus dipertanggungjawabkan.

"Oleh karenanya jangan dianggap remeh kasus ini, justru proses ini sangat membantu kita semua DPR dan pemerintah agar kasus ini bisa terungkap secara terang benderang prosesnya bisa lebih dalam komprehensif dengan proses yang dilakukan," ungkapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini