nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Keraton yang Belakangan Menarik Perhatian

Alifa Muthia Diningtyas, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 19 337 2154994 4-keraton-yang-belakangan-menarik-perhatian-3E07YZvx8Q.jpg Keraton Agung Sejagat (Istimewa)

JAKARTA - Kemunculan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire bikin heboh. Bukan hanya warganet, Presiden Jokowi juga ikut berkomentar. Polisi pun menertibkan kelompok tersebut.

Berikut empat kerajaan yang belakangan menarik perhatian, di antaranya dikutip dari Koran Sindo, edisi Sabtu 18 Januari kemarin.

1. Keraton Agung Sejagat

Kemunculan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Desa Pugong, Kecamatan Bayang, Purworejo, Jawa Tengah mendadak heboh. Kasus ini mengemuka berawal ketika Raja Toto Santoso dan Ratu Fanni Keraton itu menggelar deklarasi pada 29 Desember 2019, dan kirab budaya pada 10 Januari 2020.

Pengikutnya keraton itu berjumlah 450 orang. Untuk mendaftar diwajibkan membayar uang Rp3 hingga 30 juta. Anggota diiming-imingi gaji dalam bentuk dolar setiap bulannya. Mereka yang sudah mendaftar mendapat atribut seragam keraton serta jabatan tinggi sesuai dengan biaya pendaftaran yang disetorkan.keraton agung

Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, simbol, panji-panji bahkan identitas yang dipakai KAS diduga palsu.

Kini, Toto dan Fanni sudah ditetapkan sebagai tersangka membuat onar dan penipuan.

2. Kasultanan Keraton Pajang

Kasultanan Keraton Pajang di Dukuh Pesanggrahan, Kelurahan Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah belakangan juga menarik perhatian, menyusul munculnya Keraton Agung Sejagat.

Tapi, Kesultanan Pajang telah mengantongi izin pendirian yayasan dari Kemenkumham pada 2011.Keraton Pajang

Keraton Pajang (Okezone.com/Bramantyo)

Dimas Koco, seorang keturunan dari Pakubuwono II mengungkapkan, Kasultanan Pajang bukan dihidupkan kembali, namun hanya upaya pelestarian situs Kasultanan Pajang yang didirikan pada tahun 1568-1582 oleh Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir.

"Ini upaya kami untuk melestarikan sebuah Kasultanan Pajang yang secara ilmiah itu ada, namun saat ini hanya dianggap cerita rakyat. Bukan berdiri kembali keraton baru," katanya.

3. Sunda Empire

Kemunculan Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat juga bikin heboh. Komunitas ini diklaim eksis sejak 2018 dan kini dikabarkan sudah bubar. Sunda Empire geger setelah viralnya video di media sosial yang menjelaskan soal organisasi itu yang disebut sebagai kekaisaran dan mengklaim anggotanya ada di berbagai negara.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bandung Imam Irianto mengatakan, komunitas Sunda Empire tidak tercatat secara resmi di pemkab setempat.

4. Keraton Djipang

Keraton Djipang terletak di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Muncul sejak 2014, keraton ini dipimpin Raja bernama PRA Barik Surowiyoto.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Keraton Djipang muncul orientasinya untuk tujuan pariwisata dan tidak meresahkan masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini