nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Bogor: 200 Hektare Lahan Gundul Akibat Tambang Liar dan Alih Fungsi

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 18 337 2154899 bupati-bogor-200-hektare-lahan-gundul-akibat-tambang-liar-dan-alih-fungsi-GCORlm5nS9.jpg Bupati Bogor Ade Yasin (Foto: BNPB)

JAKARTA - Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, setidaknya ada 200 hektare lahan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang gundul akibat terjadinya penambangan ilegal dan alih fungsi lahan.

Hal itu diketahui Ade berdasarkan peninjauan langsung melalui pantauan udara menggunakan helikopter dengan pihak terkait seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan TNI.

"Data tambang dari Ditjen KLHK yah cukup banyak. Dari atas sekitar ada 200 hektare sekitar yang kelihatan," kata Ade di Ruang VIP Bandara Komersial Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga: BNPB Sebut Solusi Penanggulangan Bencana Alam Harus Permanen 

Longsor Bogor

Ade mengungkapkan, tak hanya tambang ilegal yang harus ditertibkan. Namun, tambang-tambang resmi juga harus dilakukan pemeriksaan mendalam. Tujuannya, agar kawasan Kabupaten Bogor tidak kembali diterjang longsor dan banjir.

"Ya ada yang legal dan ilegal, tapi yang legal pun harus dipantau juga karena tidak semua terlihat dan dalamnya tidak tahu jelas harus tuntas karena kalau didiemin bisa kejadian lagi," tutur Ade.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mendata sampai saat ini masih ada 17.869 jiwa yang mengungsi akibat terjadinya peristiwa banjir dan longsor. Untuk itu, pihaknya sekarang sedang fokus melakukan relokasi terhadap pengungsi yang menjadi korban bencana alam tersebut.

"Kabupaten Bogor fokus tangani pengungsi dan relokasi karena pengungsi banyak ada sekitar 17.869 yang kami fokus di tempat pegungsian sementara untuk relokasi," kata Ade.

Baca Juga: Cegah Longsor, Pemerintah Larang Warga Bogor Kerja Jadi Penambang Liar

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini