nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Kemunculan Keraton Baru di Indonesia, Waspadai 4 Hal Ini

Maulidia, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 12:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 18 337 2154702 heboh-kemunculan-keraton-baru-di-indonesia-waspadai-4-hal-ini-8rLSWDdPTQ.jpg Kearton Agung Sejagat (foto: Istimewa)

JAKARTA – Kemunculan keraton atau kerajaan baru di Indonesia menarik perhatian sejumlah pihak. Bukan hanya warganet, bahkan Presiden Jokowi pun andil berkomentar. Jokowi menyebut itu hanya hiburan.

Kendati demikian, tidak sedikit masyarakat yang terpengaruh dan ikut bergabung ke dalam kelompok itu. Satu diantaranya Keraton Agung Sejagat di Purworejo memiliki pengikut mencapai puluhan, dari wanita cantik hingga pemulung.

Polisi pun bergerak cepat untuk menertibkan kegiatan kelompok tersebut. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, karena empat kerajaan yang tiba-tiba muncul sudah tertangani.

Namun, agar tidak menimbulkan keresahan warga mengenai aktifitas kelompok itu, ada empat hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pegangan agar tidak mudah terpengaruh apalagi tertipu.

Baca Juga: Keratun Dadakan Muncul Karena Hal Ini

Berikut sikap waspada masyarakat dan perlu menjadi perhatian, diantaranya dikutip dari Koran Sindo, Sabtu (18/1/2020).

1. Masyarakat selalu waspada terhadap informasi yang diterima dan diperlukan bertanya bila informasi tersebut diragukan.

2. Masyarakat harus dibiasakan bersifat kritis apabila ada hal atau tawaran yang di luar kewajaran. Misalnya, menawarkan suatu keuntungan atau bonus yang dijanjikan berlipat-lipat.

3. Masyarakat diupayakan jangan percaya terhadap iming-iming yang membuat cepat kaya dengan menyetorkan dana terlebih dahulu.

4. Masyarakat harus melaporkan kepada aparat setempat apabila ada gejala yang mencurigakan dari sebuah organisasi atau perusahaan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini