nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinjau Longsor, Polri Pastikan Tindak Tegas Tambang Liar di Bogor

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 12:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 18 337 2154697 tinjau-longsor-polri-pastikan-tindak-tegas-tambang-liar-di-bogor-6XIND9BlPJ.JPG Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: Okezone.com/Puteranegara)

JAKARTA - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memastikan pihaknya akan menindak tegas para pelaku penambangan liar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mengingat, kegiatan ilegal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya banjir dan longsor dikawasan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, Wakapolri Komjen Gatot Eddy, Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Agung, Bupati Bogor Ade Yasin, Ditjen KLHK dan Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko, meninjau langsung lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Bogor, hari ini.

"Kami sudah sepakat sesuai arahan Presiden kami kerjasama diantaranya tambang-tambang liar. Kapolri sudah instruksikan ke jajaran kami untuk lakukan penegakan hukum bersama-sama," kata Gatot usai meninjau di Ruang VIP Bandara Komersial Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (18/1/2020).

Selain tambang liar, Polri menyatakan pihaknya juga akan menindak tegas para pelaku pembalakan liar di sekitaran lokasi banjir dan longsor.

Berdasarkan pemantauan dan penelitian, Gatot menyebut bahwa tambang liar dan penebangan hutan secara ilegal itu menjadi faktor utama terjadinya bencana alam di wilayah tersebut.

"lllegal logging akan kami tindak tegas, dan dalam hal ini Polri bersama-sama akan berupaya agar tidak keulang kembali. Karena kalau kami lihat kan Kepala BNPB menyampaikan peristiwa ini bisa yang berulang setahun dua tahun lima tahun kalau tidak diselesaikan," tutup Gatot.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini