nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Curah Hujan Tidak Merata di Wilayah Indonesia

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 07:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 337 2154622 ini-penyebab-curah-hujan-tidak-merata-di-wilayah-indonesia-NYqR5NAzZR.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) membeberkan penyebab curah hujan yang tidak merata di beberapa wilayah Indonesia. Hal itu, menurut BMKG, didasarkan pada letak geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan dan pegunungan.

"Luasnya wilayah indonesia, macam-macam besar kecil pulau, bentuk, komposisi gunung pantai. bisa saja menyebabkan cuaca tidak sama atau tidak merata," Deputi Kepala Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo kepada Okezone, Sabtu (18/1/2020).

Mulyono menyatakan bahwa musim penghujan diprediksi masih akan berlangsung hingga Maret atau April 2020. Namun memang, sejumlah daerah akan mengalami intesitas atau curah hujan yang berbeda-beda.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

"Dalam satu musim hujan bisa saja cuaca sangat aktif atau lebat atau mereda, cerah dan berawan saja. Hal ini tergantung pada faktor-faktor pemicu cuacanya, dari skala global, skala regional, skala meso hingga skala mikro," ucapnya.

Berdasarkan hasil analisa BMKG, dalam sepekan ke depan atau tepatnya 17 hingga 22 Januari 2020, kondisi gelombang atmosfer Osilasi Madden Julian (MJO) ada di Pasifik Barat. Hal ini, cenderung akan menurunkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

"Aktivitas monsoon Asia dan seruakan atau desakan udara dingin dari Asia cukup lemah, kurang memberi kontribusi untuk pertumbuhan awan hujan di Indonesia bagian barat," katanya.

"Hujan dengan intensitas sedang-lebat masih dapat terjadi di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua," sambungnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini