nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 18 Januari: Kecelakaan Transportasi Terjadi di Berbagai Belahan Dunia

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 07:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 337 2154621 peristiwa-18-januari-kecelakaan-transportasi-terjadi-di-berbagai-belahan-dunia-8Uo42Yls4w.jpg Capital Airlines. (Foto: Jetphotos.net)

SEJUMLAH peristiwa terjadi pada 18 Januari dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa tercatat dalam sejajarah dunia.

Beberapa kecelakaan transportasi terjadi pada 18 Januari, sebagai berikut:

1. Capital Airlines 20 Jatuh di Virginia

Capital Airlines penerbangan 20 rute Washington DC menuju Norfolk, Virginia jenis Vickers 745D Viscount, jatuh di sebuah peternakan daerah Charles City County, Virginia, pada 18 Januari 1960. Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 50 orang tewas dalam insiden kecelakaan tersebut.

Penyebab kecelakaan tersebut dilaporkan karena kegagalan mesin dan kehilangan kendali. Dari hasil investigasi menyebutkan bahwa sang pilot terlambat melindungi mesin pesawat dari suhu yang dingin. Saat itu, pesawat itu melaju di ketinggian 8.000 kaki yang ditemui lapisan es.

2. United Airlines 266 Jatuh di Samudra Pasifik

Penerbangan United Airlines 266 rute Bandara Internasional Los Angeles, California menuju Bandara Internasional General Mitchell, Milwaukee, Wisconsin terjatuh di Teluk Santa Monica, Samudra Pasifik, pada 18 Januari 1969 sekira pukul 18.21 waktu setempat.

Pesawat tersebut dilaporkan terjatuh empat menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Los Angeles. Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 38 orang tewas dalam insiden kecelakaan tersebut.

Foto: Bill Larkins

Dari hasil investigasi, kecelakaan pesawat United Airlines 266 ini karena kerusakan mekanis yang menyebabkan hilangnya daya listrik. Sejumlah jasad ditemukan terapung di lautan bersama dengan puing-puing badan pesawat.

3. Kecelakaan Kereta Granville di Australia

Sebuah Kereta api yang ramai penumpang tergelincir di Granville, New South Wales, pinggiran barat Sidney, Australia, pada 18 Januari 1977. Kereta itu tergelincir dan menabrak tiang pendukung jembatan jalan. Nahasnya, jembatan itu roboh dan menimpa dua gerbong kereta.

Sebanyak 84 orang tewas dalam insiden kecelakaan kereta tersebut, 213 luka-luka, dan 1.300 terkena dampaknya. Insiden kecelakaan kereta tersebut menjadi yang paling buruk di Australia. Peristiwa itu disebut dengan Bencana Kereta Api Granville.

4. Perdana Menteri Yugoslavia Dzemal Bijedic Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kecelakaan pesawat terjadi Bosnia dan Herzegovina pada 18 Januari 1977. Tidak ada catatan resmi penerbangan pesawat apa yang mengalami insiden kecelakaan tersebut.

Namun, dari catatan, seorang Perdana Menteri Republik Federal Sosialis Yugoslavia, Dzemal Bijedic bersama istrinya tewas dalam kecelakaan pesawat 18 Januari 1977. Tak hanya itu, ada enam orang lainnya yang juga tewas dalam insiden itu.

5. Meteor Jatuh Menghujam Kanada

Sebuah bebatuan luar angkasa (meteorit) jatuh ke Danau Tagish, Kanada, pada 18 Januari 2000. Para ilmuwan kemudian meneliti jatuhnya meteorit tersebut.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan, meteorit tersebut diidentifikasi jenis batuan chondrite karbo. Batuan itu berasal dari sebuah asteroid yang berada di titik antara Planet Mars dan Jupiter.

Kemudian, kristal koloid dari meteorit tersebut berubah menjadi air setelah mengalami penguapan. Hasil perubahan itu, disimpulkan para ilmuwan, bahwa Bumi mendapatkan curah air dari asteroid.

6. Kebakaran Hutan di Australian Tewaskan 4 Orang

Kebakaran hutan atau semak-semak (bushfire) terjadi di Canberra, Australia, pada 18 hingga 22 Januari 2003. Akibat kebakaran tersebut, empat orang tewas, lebih dari 490 orang terluka, dan 470 rumah rusak parah. Hampir 70 persen vegetasi di Canberra rusak parah.

Kebakaran dilaporkan berawal dari sambaran petir di Taman Nasional Brindabella dan Namadgi yang kemudian merembet. 400.000 hektare lahan rusak terbakar. (qlh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini