nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri Siap Gandeng Interpol Bantu KPK Cari Harun Masiku

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 19:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 17 337 2154477 kapolri-siap-gandeng-interpol-bantu-kpk-cari-harun-masiku-F8HR5U7PjU.jpg Kapolri Jenderal Idham Azis (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis siap menggandeng Interpol untuk mencari eks Caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku. Namun, pihaknya masih menunggu surat permohonan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Pada prinsipnya, Polri tentu akan memberikan bantuan apabila nanti rekan-rekan KPK meminta tolong kepada Polri untuk berkoordinasi. Polri juga nanti akan melanjutkan itu ke Interpol," kata Idham di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, seperti dikutip melalui keterangan tertulis, Jumat (17/1/2020).

Baca Juga: KPK Janji Kembangkan Kasus Suap Wahyu Setiawan Meski Harun Masiku Buron

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango mengatakan, masih memproses administratif yang berkaitan dengan kebutuhan daftar pencarian orang (DPO) Harun Masiku. Ia berharap, proses menjadikan Harun Masiku sebagai DPO itu bisa berjalan dengan lancar.

"Deputi Penindakan masih sedang memproses surat-surat yang berkenaan dengan permintaan bantuan ke Polri untuk status DPO. Meski demikian, teman-teman di kepolisian sudah pasti telah memberi perhatian soal ini karena adanya MoU di antara KPK, Polri, juga Kejaksaan yang memang sudah sejak lama ada," ujarnya.

Harun Masiku Foto: KPU

Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Harun Masiku sudah berada di luar negeri sejak Senin, 6 Januari 2020.

Harun pergi ke luar negeri bertepatan dua hari sebelum KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan. KPK mengamankan Wahyu Setiawan bersama tujuh orang lainnya pada Rabu, 8 Januari 2020.

"Iya, yang bersangkutan tercatat keluar Indonesia tanggal 6 Januari 2020 ke Singapura," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arvin Gumilang saat dikonfirmasi Okezone, Senin, 13 Januari 2020.

Baca Juga: Mantan Ketua Pansel KPK Sebut Kasus Wahyu Setiawan Bukan Perkara Suap

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini