Jaksa Agung Sebut Peristiwa Semanggi Bukan Pelanggaran HAM Berat, DPR Siap Berdialog

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 17 Januari 2020 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 337 2154356 jaksa-agung-sebut-peristiwa-semanggi-bukan-pelanggaran-ham-berat-dpr-siap-berdialog-cQqfE2z3QL.jpg Ilustrasi Demo Kasus Semanggi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco angkat bicara mengenai ucapan Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin yang menyebut kerusuhan Semanggi I dan II bukanlah kekerasan HAM masa lalu.

Menurut Dasco, pihaknya akan melihat keputusan paripurna di DPR terkait peristiwa Semanggi yang tak masuk dalam kekerasan HAM masa lalu. Sehingga keputusan tersebut menjadi paramater Kejaksaan Agung.

"Ya nanti kita lihat lagi, tapi itu keputusan paripurna yang kemudian sudah disahkan dan Jaksa Agung menjadikan itu sebagai parameter," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Selain itu, politikus Partai Gerindra ini menyatakan pihaknya juga akan melakukan diskusi dengan pihak-pihak terkait. "Hal seperti ini mungkin dalam beberapa kesempatan kita akan diskusikan lagi dengan pihak terkait," tuturnya.

Dasco

Baca Juga: Jaksa Agung Sebut Tragedi Semanggi Bukan Pelanggaran HAM Berat, Ini Reaksi Menkumham

Sebelumnya diwartakan Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin menyebut kasus Semanggi I dan Semanggi II bukan pelanggaran HAM berat.

"Peristiwa Semanggi I dan Semanggi II telah ada hasil rapat paripurna DPR RI, yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut bukan merupakan pelanggaran HAM berat," kata Burhanuddin di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari ini.

Namun dia tak merinci secara detail mengenai kapan paripurna DPR itu digelar dan menghasilkan keputusan Peristiwa Semanggi I dan Semanggi II bukan pelanggaran HAM berat.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini