nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khofifah Bakal Undang Ketua KPK ke Jatim Jelang Pilkada 2020

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 10:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 17 337 2154136 khofifah-bakal-undang-ketua-kpk-ke-jatim-jelang-pilkada-2020-rxMwYpcolX.JPG Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyebut terdapat 19 kabupaten dan kota di daerahnya yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. Khofifah berharap daerahnya tetap aman dan kondusif menjelang penyelenggaraan pesta demokrasi tahun ini.

"Di Jatim ada 38 kabupaten/kota. Ada 19 yang akan pilkada itu daerah besar-besar, Surabaya, Gresik, Tuban, Lamongan, Banyuwangi, Jember, daerah besar-besar," kata Khofifah kepada wartawan di Gedung Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, (17/1/2020).

Mantan Menteri Sosial (Mendsos) itu menjelaskan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim berkomunikasi cukup intensif untuk memastikan daerah tetap aman menjelang penyelenggaraan Pilkada 2020.

"Kita komunikasi cukup intensif, dengan Polda, Kodam, Kabinda, kita lakukan komunikasi, bahkan kita komunikasi dengan Pak Ketua KPK," jelas Khofifah.

Dia menambahkan, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akan turut diundang ke Jawa Timur setelah para calon kepala daerah sudah resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Nantinya, pimpinan lembaga antirasuah akan memberi pembekalan kepada mereka yang akan berkontestasi agar tidak melakukan politik uang, suap, dan prilaku koruptif lainnya.

"Jika mereka sudah fix mendaftar di KPUD, dan sudah diumumkan sebagai calon dari wali kota atau bupati daerah yang sudah terdaftar, maka kita minta Ketua KPK berkenan hadir untuk memberikan briefing penguatan kepada para calon kepala daerah di 19 kabupaten/kota di Jatim. Mudah-mudahan semua berjalan aman dan kondusif," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini