nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Daerah yang Berpotensi Diguyur Hujan Lebat hingga Sabtu

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 06:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 337 2154053 berikut-daerah-yang-berpotensi-diguyur-hujan-lebat-hingga-sabtu-yy2bVGavPI.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait kewaspadaan terhadap potensi hujan lebat yang akan mengguyur sejumlah daerah di Indonesia sejak 16 hingga 18 Januari 2020. Ada 23 daerah yang perlu diwaspadai hujan lebat hingga 18 Januari 2020.

Berdasarkan data yang diperoleh Okezone dari Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko, hujan diwaspadai terjadi di daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi.

Kemudian, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

"Peringatan dini tanggal 16-18 Januari 2020, waspada hujan lebat di sejumlah daerah tersebut," kata Hary Tirto, Jumat (17/1/2020).

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Tak hanya itu, potensi hujan lebat juga diprediksi bakal terjadi di perairan Utara Natuna, Selat Karimata Bagian Selatan, perairan Barat Sumatera Barat, hingga Barat Lampung.

Adapun, dasar-dasar prakiraan BMKG dalam memprediksi hujan lebat di sejumlah daerah tersebut yakni karena terdapat pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sumatera Barat hingga Selatan, kemudian, Bengkulu hingga Lampung. Konvergensi tersebut, mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di Sumatera Barat, Jambi bagian barat, Bengkulu, dan Lampung.

Selain itu, terdapat sirkulasi di Selat Karimata (Borneo Vortex) yang signifikan pada tanggal 16 - 18 Januari 2020 yang memberikan potensi hujan signifikan di Kepulauan Riau, Riau bagian Timur, Kepulauan Bangka Belitung bagian Utara, Jambi bagian Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara dan Barat, serta di Kalimantan Utara bagian Barat.

Terkahir, adanya intrusi udara kering (Dry Intrusion) di wilayah perairan Selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah yang mampu meningkatkan labilitas di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian Barat. Kondisi ini dapat memicu proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini