Sore Ini, DPR Kembali Bahas 50 RUU Prolegnas Prioritas dengan Menkumham

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 16 Januari 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 337 2153746 sore-ini-dpr-kembali-bahas-50-ruu-prolegnas-prioritas-dengan-menkumham-anxfcrB31S.jpg Achmad Baidowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Achmad Baidowi menyatakan, pihaknya akan menggelar rapat kerja dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yassona Hamonangan Laoly. Dalam rapat itu, akan membahas 50 rancangan undang-undang (RUU) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2020.

“Nanti sore akan ada rapat kerja Baleg bersama pemerintah dalam hal ini Menkumham dan DPD untuk membahas RUU Prolegnas prioritas,” ujar Baidowi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Baca Juga:  Paripurna DPR Putuskan 50 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2018

Baidowi menerangkan, kembali digelarnya rapat pembahasan 50 RUU yang sudah masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2020, karena masih ada fraksi yang keberatan terhadap 50 RUU itu.

"Sebenarnya beberapa waktu lalu kita sudah melakukan rapat kerja, tapi rupanya ada misskomunikasi antara teman-teman di anggota Baleg dengan fraksinya masing-masing," katanya.

"Saya enggak tahu miss-nya di mana, tapi ketika di rapat Bamus itu, fraksi-fraksi rupanya masih keberatan dengan RUU prolegnas itu, mintanya dikurangin lagi," imbuh Baidowi.

 Menkumham

Namun, hingga kini belum ada kesepakatan apakah jumlah 50 RUU Prolegnas prioritas akan dikurangi. Meski, pihaknya tetap terbuka jika ada pengurangan RUU yang masuk dalam Prolegnas prioritas.

“Sebenarnya kalau RUU Prolegnas prioritas itu pas 50 sebenarnya enggak ada masalah, toh pembahasannya sesuai dengan mekanisme, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kalau misalkan kondisinya memungkinkan membahas 40-nya kenapa tidak,” tuturnya.

Baca Juga: Kemenag Kebut Pembahasan RUU Perlindungan Umat Beragama 

Sebelumnya, pada 17 Desember 2019 lalu atau tepatnya di sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui sebanyak 248 RUU yang masuk dalam Prolegnas 2020-2024. Dari jumlah itu sebanyak 50 RUU masuk dalam Prolegnas prioritas 2020.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini