nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susun Struktur Golkar, Airlangga Dinilai Lakukan Politik Akomodatif

Arief Setyadi , Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 12:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 16 337 2153650 susun-struktur-golkar-airlangga-dinilai-lakukan-politik-akomodatif-u1N0DxDWj7.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Susunan struktur kepengurusan Partai Golkar 2019-2024 rampung. Susunannya terbilang gemuk, bahkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto turut mengakomodir eks rivalnya, Bambang Soesatyo.

Pengamat politik Idil Akbar menilai, cara yang terjadi di Golkar juga terjadi di partai lain, misal Demokrat yang memiliki struktur gemuk. Namun, bila dilihat, Airlangga sepertinya memang melakukan politik akomodatif.

"Kalau melihat dari pola yang dibangun dari struktur tersebut agaknya memang Airlangga melakukan politik akomodatif, terutama untuk mengakomodasi yang selama ini menjadi lawan politik di internal," katanya kepada Okezone, Kamis (16/1/2020).

 golkar

Airlangga Hartarto dan loyalisnya (Okezone)

Direktur Operasional dan Strategi IPRC itu menangkapnya dalam dua hal, pertama, Airlangga ingin Golkar dipandang solid dan kompak. Utamanya untuk meminimalisir konflik dan meminimalisir ceruk-ceruk pertentanga di internal partai.

"Golkar memiliki pengalaman pertentangan dan konflik yang cukup tinggi yang kemudian masing-masing terpolarisasi hingga membentuk partai-partai baru," ujarnya.

Baca juga: Bamsoet Jabat Waketum Golkar di Struktur Kepengurusan 2019-2024

Kedua, Airlangga ingin agar setiap kader dan fungsionaris fokus pada kerja politik partai terutama menghadapi Pemilu dan pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Saya pikir, Airlangga ingin tetap membuat Golkar memiliki positioning politik terhadap siapa pun yang sekarang dan nantinya berkuasa," katanya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini