Ketua MPR Minta Kejagung Usut Tuntas Kasus Korupsi Jiwasraya

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 15 Januari 2020 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 337 2153193 ketua-mpr-minta-kejagung-usut-tuntas-kasus-korupsi-jiwasraya-YrnkKbefG8.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo (foto: Okezone)

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan lima orang sebagai tersangka pada kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Asuransi Jiwasraya.

Mereka yang dijadikan tersangka itu adalah eks Dirut PT Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan, Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro, Presdir PT TRAM Heru Hidayat, dan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo.

Baca Juga: DPR Bentuk Panja Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya dan Asabri 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pun mengapresiasi langkah jajaran Jaksa Agung Burhanuddin yang bergerak cepat guna menyelesaikan polemik korupsi di Jiwasraya itu. Namun, dia meminta pengusutan kasus tersebut tak hanya berhenti di situ saja.

Ilustrasi (foto: Okezone) 

“Pengusutan tak boleh berhenti sampai di situ. Pengembangan penyidikan harus tetap dilakukan oleh Kejaksaan Agung, karena tak menutup kemungkinan berbagai pihak dari luar Jiwasraya juga turut terlibat. Pada prinsipnya, siapapun yang terlibat tanpa pandang bulu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di muka hukum,” tegas Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/1/2020).

Bamsoet meminta agar pihak Kejaksaan Agung tak gentar dalam mengusut kasus hukum di dalam dugaan korupsi di Jiwasraya ini. Mengingat di sana banyak masyarakat yang dirugikan karena korupsi di tubuh asuransi plat merah itu.

"Kejaksaan Agung tak boleh gentar menegakkan hukum. Tak perlu takut dengan hambatan, tekanan, maupun intimidasi. Karena ada kekuatan rakyat yang jauh lebih besar mendukung Kejaksaan Agung. Buktikan kepada rakyat bahwa Kejaksaan Agung sangat bisa diandalkan dalam pemberantasan korupsi," tutur Bamsoet.

Baca Juga: Alasan Kejagung Pisahkan Penahanan 5 Tersangka Kasus Jiwasraya 

Di sisi lain, politikus partai Golkar itu menilai skandal korupsi di Jiwasraya menjadi sebuah warning bagi seluruh BUMN. khususnya yang bergerak di bidang usaha asuransi, agar tak main-main dalam mengelola uang rakyat.

"BUMN sebagai wajah Indonesia dalam mengelola bisnis usaha, sepatutnya menjadi kebanggaan nasional dihadapan internasional. Bukan malah membuat malu bangsa lantaran ketidakbecusan tata kelola manajemennya," tukas Bamsoet.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini