nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua KPK Jamin Harun Masiku Tak Akan Lolos dari Perburuan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 14:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 15 337 2153181 ketua-kpk-jamin-harun-masiku-tak-akan-lolos-dari-perburuan-05YTretCIt.jpg Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri memastikan akan menangkap eks Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku. Politikus PDIP itu kini masih buron karena melarikan diri ke luar negeri.

"Yang pasti pengalaman selama ini setiap orang yang pergi keluar negeri khususnya korupsi pasti ketangkap. Karena orang pelaku koruptor itu enggak betah juga susah hidupnya pasti dia kembali ke Indonesia," kata Firli di Kemenko Maritim dan Investasi, di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/01/2020).

Baca Juga: KPK Pastikan Sudah Koordinasi dengan Polri untuk Buru Harun Masiku 

Firli menjelaskan, sejauh ini berbagai upaya untuk penangkapan Harun sudah dilakukan. Salah satunya melakukan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mencari tahu lokasi terakhir Harun Masiku.

Selain itu, kata Firli, KPK juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar penangkapan Harun bisa segera dilakukan.

"Upaya pencarian sudah kita lakukan berkoordinasi dengan Kemenkumham berada di mana posisi yang terakhir. Kita pun melakukan koordinasi, komunikasi dengan Polri jadi itu yang kita lakukan," tuturnya.

 KPK

Firli mengimbau agar Harun Masiku menyerahkan diri dan kembali ke Indonesia untuk dimintai keterangannya terkait kasus dugaan korupsi tersebut.

"Saya imbau kepada saudara HM (Harun Masiku) segera kembali ke Indonesia pertanggungjawabkan tentang perbuatannya, dan ikuti ketentuan hukum yang berlaku. Tidak perlu takut, hadapi dan kita harus bertanggung jawab orang per orang atas perbuatan yang kita lakukan," tuturnya.

Harun telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR oleh KPK. Ia lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 8-9 Januari 2020 lalu.

Baca Juga: Tersangka Suap Komisioner KPU Harun Masiku Masih 'Berkeliaran' di Singapura 

Harun ditetapkan sebagai tersangka bersama tiga orang lainnya. Ketiganya yakni, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan (WSE), mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF) serta pihak swasta, Saeful (SAE).

Wahyu Setiawan dan Agustiani ditetapkan KPK sebagai pihak penerima suap. Sedangkan Harun dan Saeful merupakan pihak pemberi suap.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini