nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mabes Polri Tunggu Penyelidikan Polda Jateng Terkait Keraton Agung Sejagat

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 14 Januari 2020 20:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 14 337 2152895 mabes-polri-tunggu-penyidikan-polda-jateng-terkait-keraton-agung-sejagat-y04ai8S9rD.jpg Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Polisi menelisik munculnya Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Saat ini Mabes Polri menunggu laporan dari penyidik Polda Jawa Tengah, yang tengah memeriksa kerajaan yang mengklaim memiliki kekuasaan se-Indonesia.

"Ini masih kami cek seperti apa kerajaan tersebut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Penelisikan itu, dijelaskan Argo, untuk mengetahui kebenaran keberadaan Keraton Agung Sejagat.

"Apakah ada kerajaannya, apakah hanya asumsi dan prasangka, kami masih menunggu penyidik dari Polda Jawa Tengah," ujar Argo.

Keraton Agung Sejagat di Purworejo. (Foto : Istimewa)

Nantinya, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam apabila sudah mendapatkan informasi awal dari para penyidik.

"Statusnya apa sih, apakah sudah bentuk kelompok atau yayasan, masih dalami seperti apa kami belum bisa memastikan kegiatannya masih menunggu konfirmasi Polda Jateng," tutur Argo.

Sekadar diketahui, Keraton Agung Sejagat dipimpin seorang raja bergelar Rangkai Mataram Agung. Sang Raja yang biasa dipanggil Sinuhun itu bernama asli Totok Santosa Hadiningrat. Sementara istrinya Kanjeng Ratu memiliki nama asli Dyah Gitarja.


Baca Juga : Terkait Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Sultan HB X Tersenyum

Menurutnya, Keraton Agung Sejagat itu untuk menyambut kehadiran Sri Maharatu (Maharaja) Jawa kembali ke Tanah Jawa. Dia pun mengklaim memiliki wilayah kekuasaan seluruh negara di dunia.


Baca Juga : Besok Raja Keraton Agung Sejagat Dipanggil Polisi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini