nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpinan MPR dan KPK Sepakat Pemberantasan Korupsi Tak Bikin Gaduh

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 14 337 2152756 pimpinan-mpr-dan-kpk-sepakat-pemberantasan-korupsi-tak-bikin-gaduh-BXJRcaY9TQ.jpg Pimpinan KPK dan MPR sepakat pemberantasan korupsi tak bikin gaduh (Foto : Okezone.com/Harits)

JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, pertemuan dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya sepakat agar dalam memberantas korupsi tak menimbulkan kegaduhan.

“Dalam tiga jam pertemuan tadi, KPK telah menetapkan bahwa pemberantasan korupsi tidak boleh menimbulkan kegaduhan dan ketakutan. Harus berlandaskan kepada UU dan aturan yang berlaku,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Pimpinan KPK bertemu pimpinan MPR (Foto : Okezone.com/Harits)

Bamsoet mengatakan, pemberantasan korupsi esensinya adalah penyelamatan keuangan negara. Sehingga, tugas KPK tak akan mengejar orang, tetapi fokus kepada penyelamatan dan kerugian negara.

“Bahwa ada yang berbuat, itu yang harus dihukum. Tapi intinya bukan mengejar orang, tapi mengejar pengembalian uang negara,” kata Bamsoet.

Baca Juga : Uang Rp500 Juta Didapat Napi yang Ngaku TNI Berasal dari 70 Perempuan

Baca Juga : Polisi Sebut Bupati Boven Digoel Papua Tewas karena Sakit

Di sisi lain, ia sependapat dengan pimpinan KPK jika akar permasalahan korupsi lantaran biaya politik yang tinggi. Sehingga menurutnya diperlukan solusi mengenai permasalahan tersebut.

“Perlu dicari jalan bagaimana akar persoalan korupsi yang selama ini timbul akibat biaya politik yang tinggi, dipikirkan dan dicari jalan keluarnya,” kata Bamsoet.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini