nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Siklon Tropis Claudia, Pelayaran Diimbau Ikuti Arahan Kemenhub

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 05:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 14 337 2152562 ada-siklon-tropis-claudia-pelayaran-diimbau-ikuti-arahan-kemenhub-pTUBldSc8I.jpg Kapal nelayan (Okezone.com/Erie)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kapal yang hendak berlayar mengikuti arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyusul adanya potensi gelombang tinggi dampak oleh Siklon Tropis Claudia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca terkait Siklon Tropis Claudia. Kondisi ini berpotensi menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir di sejumlah wilayah hingga 15 Januari 2020.

Kondisi cuaca ekstrem ini dikhawatirkan dapat memicu gelombang tinggi sehingga dapat membahayakan lalu lintas kapal yang berlayar di beberapa perairan Indonesia.

"Ikuti arahan instansi berwenang dalam hal ini Kemenhub," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo saat dikonfirmasi Okezone terkait dampak Siklon Tropis Claudia terhadap pelayaran, Selasa (14/1/2020).

 Ilustrasi

Ilustrasi hujan (Okezone)

Meski demikian, Agus mengatakan BMKG dan Kemenhub adalah instansi yang paling mengetahui dampak Siklon Tropis Claudia dengan tinggi gelombang di laut.

"Ini yang tahu BMKG atau Kemenhub karena ada hubungannya dengan tinggi gelombang laut," tukasnya.

BNPB mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi dampak merugikan Siklon Tropis Claudia.

"Meskipun prediksi BMKG 24 jam ke depan yang menunjukkan arah gerak menjauhi wilayah Indonesia, BPBD dan semua pihak perlu mewaspadai potensi bahaya dampak dari siklon tropis yang terpantau dapat berkecepatan lebih dari 100 Km per jam ini," kata Agus.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini