Komisi II DPR Sambut Baik Usulan PDIP soal Sistem Proporsional Tertutup

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 13 Januari 2020 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 13 337 2152442 komisi-ii-dpr-sambut-baik-usulan-pdip-soal-sistem-proporsional-tertutup-I5M0pt8RA6.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II Fraksi PPP, Mohammad Arwani Thomafi, menyambut baik usulan dari PDI Perjuangan terkait perubahan Undang-Undang Pemilu agar mekanisme Pemilu kembali menggunakan sistem proporsional daftar tertutup.

Arwani meyakini, usulan tersebut memiliki pertimbangan kuat sehingga dirumuskan dalam dalam Rakernas I PDI Perjuangan. Ia pun meyakini usulan tersebut telah ditimbang dengan matang-matang.

"Tentu dari teman-teman PDI Perjuangan itu lahir karena berdasarkan argumentasi yang kuat ya. Enggak mungkin usulan itu dihasilkan dalam forum Rakernas kalau tidak berdasarkan oleh pertimbangan matang," kata Arwani di DPR, Senin (13/1/2020).

ilustrasi (Dok Okezone)

Sebagaimana diketahui, pada Rakernas kemarin, PDIP mengeluarkan sembilan rekomendasi partai. Salah satunya mendorong dilakukan perubahan terhadap Undang-Undang Pemilu, yakni dari yang saat ini sistem proporsional daftar terbuka, diubah menjadi tertutup.

Dalam sistem ini, pemilih akan memilih partai, bukan memilih anggota partai yang mewakili daerah pemilihan (dapil).

Arwani menilai, sistem profesional terbuka yang saat ini diterapkan memiliki kelemahan. Salah satunya menelan banyak biaya.


Baca Juga : 9 Rekomendasi Rakernas I PDI Perjuangan

"Menurut saya, usulan ini menjadi satu hal yang memungkinkan untuk kita bahas dalam revisi UU Pemilu nanti terbuka untuk kita bahas," tuturnya.  

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini