nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiba di UEA, Presiden Jokowi Hadiri Abu Dhabi Sustainability

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 20:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 12 337 2152085 tiba-di-uea-presiden-jokowi-hadiri-abu-dhabi-sustainability-DvKtafAV5l.jpg Presiden Jokowi tiba di Abu Dhabi (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo tiba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) usai menempuh penerbangan selama kurang lebih 8 jam. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpangi Presiden mendarat dan tiba di Terminal Kepresidenan Bandara Internasional Abu Dhabi sekitar pukul 13.30 waktu setempat (WS) atau pukul 16.30 WIB.

Duta besar RI untuk PEA Husin Bagis tampak menjemput Presiden di atas tangga pesawat. Sementara di bawah tangga pesawat, Presiden disambut oleh Menteri Energi dan Industri Persatuan Emirat Arab, Suhail Mohamed Faraj Al Mazrouei dan Atase Pertahanan RI Riyadh, Brigjen TNI Erlangga Said Karim.

Jokowi tiba di Abu Dhabi (Foto : Biro Pers Setpres)

Dari Bandara Internasional Abu Dhabi, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempatnya bermalam. Saat tiba di hotel, Presiden menerima karangan bunga dari putra-putri KBRI Abu Dhabi dan disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Pada sore hari, Kepala Negara akan menuju Istana Kepresidenan Qasr Al Watan untuk menghadiri upacara penyambutan oleh Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ).

Rangkaian upacara penyambutan juga akan diisi beberapa agenda, antara lain pertemuan bilateral antara kedua negara, penandatanganan nota kesepahaman, hingga jamuan santap malam kenegaraan.

Sementara, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi akan menjadi pembicara kunci (Keynote Speaker) dalam acara Abu Dhabi Sustainability Week pada 12 Januari 2020. Pembicara kunci, kata Fadjroel, lazim dilakukan oleh aktor-aktor sentral dalam bidang sains, kepakaran teknologi dan pemimpin politik yang telah diverifikasi berkomitmen dan bervisi pada bidang tertentu.

Baca Juga : Megawati Beri Pengarahan Secara Tertutup Jelang Penutupan Rakernas

Baca Juga : Akademisi Curiga Nelayan Pencuri Ikan di Natuna Militer China yang Menyamar

"Kepercayaan pemerintah Uni Emirat Arab kepada Presiden Joko Widodo sebagai Pembicara Kunci dalam isu sustainability (keberlanjutan) yang mencakup energi, lingkungan, dan sosial ekonomi. Presiden dilihat oleh dunia internasional memiliki visi dan komitmen kuat pada sustainability yang menjadi visi global saat ini," ujar Fadjroel dalam keterangannya, Minggu (12/1/2019).

Fadjroel mengatakan, Visi Indonesia Maju dari Jokowi, dan upaya membangun Ibu Kota Negara (IKN) berlandaskan pada misi sustainability menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan dari negara-negara dunia. Jepang sebagai salah satu negara pendukung sustainability pun secara serius akan bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam misi sustainability.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini