nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Jamin Keamanan & Fasilitasi Nelayan Indonesia di Natuna

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 337 2152005 pemerintah-jamin-keamanan-fasilitasi-nelayan-indonesia-di-natuna-rwxBghnyHI.JPG Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Pemerintah akan menjamin kepastian hukum sekaligus keamanan bagi para nelayan yang akan melaut di perairan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin.

Menurutnya, kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Natuna beberapa waktu lalu bentuk hadirnya pemerintah dalam melindungi nelayan lokal di sana.

"Pesan yang disampaikan Pak Presiden kemarin itu adalah konsentrasi pemerintah untuk memberikan kepastian hukum dan keamanan terhadap nelayan-nelayan kita yang ada di Natuna dan seluruh wilayah Indonesia," ucap Ngabalin dalam sebuah diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).

Selain memberikan kepastian hukum, dan keamanan, Ngabalin mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia juga akan mengawal keamanan nelayan, memberikan fasilitas, dan sarana prasarana kepada nelayan.

"Presiden memberikan kepastian kepada seluruh rakyat Indonesia dalam pesan kemarin bahwa nelayan Indonesia akan dikawal, nelayan Indonesia akan diberikan fasilitas, dan nelayan Indonesia melalui menteri KKP," ungkapnya.

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi di Natuna (Foto: Biro Pers Setpres RI)

Oleh sebab itu, menurut dia, sudah sepatutnya pemerintah Indonesia, yang dalam hal ini adalah TNI untuk menjaga dan mempertahankan Natuna yang merupakan hak kedaulatan bangsa Indonesia.

"Maka dengan posisi seperti ini, kesadaran kita terhadap hak-hak kedaulatan kita, dan seluruh harta kekayaan negara itu harus dijaga. Yang menjaga itu ya tentara," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini