Merokok hingga Tak Tertib saat Rakernas, 26 Kader PDIP Kena Sanksi

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 11 Januari 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 11 337 2151875 merokok-hingga-tak-tertib-saat-rakernas-26-kader-pdip-kena-sanksi-GazvicJNwz.jpg Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 26 kader PDI Perjuangan (PDIP) yang tidak menjalankan instruksi partai dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I dijatuhi sanksi. Tindakan tidak disiplin tersebut seperti merokok di luar ruangan saat kelas berlangsung, tidak tertib dalam antrean, dan lain sebagainya.

"Hari ini ada 26 kader PDIP yang diberikan sanksi karena tidak menjalankan perintah di dalam disiplin partai," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (11/1/2020).

Hasto menuturkan, sikap disiplin partai langsung diterapkan dalam acara Rakernas I ini. Bahkan, pelaksanaannya langsung dipantau oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. "Mereka yang tidak menjalankan instruksi ketua umum, partai, langsung diberikan sanksi," imbuhnya.

"Ada yang merokok di luar saat acara, ada yang kemudian terlalu asik di tempat lain, langsung kita berikan sanksi. Di mana id card-nya dikasih lobang. Ada lobangnya dua," ungkap Hasto.

Baca Juga: Megawati dan Hasto Pantau Pelaksanaan Rakernas PDIP di Hari Kedua

Hasto menegaskan, di PDIP setiap kader harus siap menjadi pemimpin dan pengikut. Karena itu, disiplin dan ketertiban menjadi faktor utama yang harus dilaksanakan kader. Jikalau ada yang melanggar, maka partai akan memberikan sanksi.

Hasto memohon maaf kepada awak media karena pelaksanaan kelas di Rakernas berlangsung tertutup. Pasalnya, dibutuhkan suasana yang khusus sehingga para peserta dapat mencerna materi dengan baik.

Beberapa materi pokok mendapat perhatian langsung dari Megawati. Di antaranya soal pemenangan pemilu, pilkada serentak, penanganan bencana, hingga persoalan meteorologi, klimatologi dan geofisika.

"Ibu Megawati bersama mas Prananda, memantau dan duduk di tempat paling belakang," pungkas Hasto.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini