Share

Peristiwa 11 Januari: Pertempuran Tarakan hingga Lahirnya Pesepakbola Jamie Vardy

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 11 Januari 2020 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 11 337 2151670 peristiwa-11-januari-pertempuran-tarakan-hingga-lahirnya-pesepakbola-jamie-vardy-6UykGxtZNa.jpg Jamie Vardy (Foto: @vardy7/Twitter)

JAKARTA - Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 11 Januari. Mulai dari pertempuran Tarakan hingga hari kelahiran pemain sepakbola asal Inggris, Jamie Vardy.

Guna mengingat serta menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang berlangsung, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org:

1861 - Alabama lepas dari Amerika Serikat 

Alabama adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang berada di bagian selatan dari daratan utama. Alabama bergabung dengan Negara Konfederasi Amerika pada 1861. Setelah Perang Saudara, Alabama kembali ke serikat pada 1868.

1942 - Pertempuran Tarakan 

Pertempuran Tarakan terjadi pada 11-12 Januari 1942. Meskipun Tarakan hanya pulau berawa-rawa kecil di Kalimantan Utara laut di Hindia Belanda, tetapi terdapat 700 sumur minyak, penyulingan minyak dan lapangan udara, yang merupakan tujuan utama Kekaisaran Jepang dalam Perang Pasifik.

Baca Juga: Peristiwa 10 Januari: Berdirinya PDI Perjuangan hingga Bom Palopo

Tepat pada 11 Januari 1942 tengah malam, 20.000 tentara Right Wing Unit di bawah Mayor Jenderal Sakaguchi Shizou mendarat di pantai timur Tarakan disusul Satuan Khusus Pendarat Angkatan Laut Kure ke-2 (pasukan marinir).

Setelah pertempuran selama 1 hari 1 malam, akhirnya pasukan KNIL menyerah pada 12 Januari 1942 pagi hari, lebih dari setengah pasukan Belanda gugur. Seluruh tawanan perang dieksekusi mati dengan dipenggal kepalanya dengan samurai atau ditenggelamkan hidup-hidup ke kolam-kolam minyak yang tumpah dari kilang yang baru saja dibakar pasukan KNIL tersebut, sebagai balasan atas tindakan perusakan fasilitas vital tersebut. Jepang hanya kehilangan 225 prajuritnya.

Baca Juga: Peristiwa 9 Januari: Kerajaan Ottoman Menang Perang hingga Terpilihnya Mahmoud Abbas

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

1972 - Pakistan Timur memisahkan diri dari Pakistan menjadi Bangladesh

Pakistan Timur adalah sebuah provinsi di Negara Pakistan yang dulunya bernama Benggala Timur secara resmi memisahkan diri dari Pakistan, pada 11 Januari 1972.

Pemisahan di negara tersebut disebabkan adanya perbedaan antara Pakistan Timur dan Pakistan Barat dalam bidang politik, bahasa, dan ekonomi yang menimbulkan perpecahan antara kedua provinsi di negara tersebut, yang berujung pada meletusnya perang kemerdekaan Pakistan Timur pada 1971.

1987 - Hari Ulangtahun Pemain Sepakbola Inggris Jamie Vardy

Jamie Richard Vardy lahir pada 11 Januari 1987. Ia adalah pemain sepakbola Inggris yang bermain di klub Premiere League Leicester City dan tim nasional Inggris. Ia bermain sebagai striker, namun juga bisa bermain di sayap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini