nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Dukung Pemerintah Bangun Pangkalan Militer di Natuna

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 11 337 2151669 dpr-dukung-pemerintah-bangun-pangkalan-militer-di-natuna-09WL4fM1Dq.jpg Dave Laksono (Foto: Sindo)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mendukung wacana pemerintah yang bakal membangun pangkalan militer di wilayah Natuna, Kepulauan Riau. Apalagi, wilayah tersebut rentan konflik dengan negara lainnya. 

“Semua wilayah perbatasan yang di mana berpotensi konflik, kehadiran pangkalan militer wajib ada,” kata Dave saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Baca Juga: 4 Pesawat Tempur F-16 Masih Disiagakan di Natuna

Diketahui sebelumnya, China mengklaim laut Natuna Utara yang merupakan hak kedaulatan Indonesia. Mereka mengklaim menggunakan sembilan garis putus-putus yang menyatakan laut Natuna Utara bagian dari China.

Apel di Natuna Foto: Ist

Bahkan, China mengawal para nelayannya untuk mengambil sumber daya alam menggunakan kapal Coast Guard di perairan Natuna. Hingga membuat polemik kepemilikan laut Natuna Utara memanas.

Menurut Dave, sejatinya pembangunan pangkalan militer di wilayah yang rentan konflik harus dibangun sejak dahulu. Sehingga dapat mencegah konflik yang tak diinginkan seperti saat ini.

“Itu sudah harus dilakukan sejak dulu,” ujarnya.

Selain itu, Dave mendorong agar pangkalan-pangkalan militer yang ada di wilayah-wilayah tersebut dapat digunakan untuk tempat latihan perang. “Bahkan, latihan perang sebaiknya dibuat di wilayah-wilayah tersebut,” tutur Dave.

Baca Juga: Kapal China Berlayar di Natuna Harus Jadi Pelajaran

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini