nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Macam-Macam Senjata Tradisional Asal Indonesia

Maulidia, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 10 337 2151576 mengenal-macam-macam-senjata-tradisional-asal-indonesia-fqqgCtC3wk.jpg Foto: Sindo

JAKARTA - Indonesia dikenal dengan negeri yang kaya akan suku, budaya, dan bahasa. Indonesia yang terdiri dari 34 Provinsi tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu budaya yang terkenal adalah senjata tradisionalnya.

Berikut senjata tradisional dari berbagai daerah yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rencong Asal Aceh

Rencong merupakan alat tradisional yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Senjata asal Aceh ini memiliki bentuk menyerupai pisau dan mempunyai sejarah yang kuat serta merupakan simbol untuk pria Aceh di masa lalu.

Sejak zaman penjajah, pria asal Aceh sering menggunakan senjata tersebut untuk berperang melawan penjajah. Sampai saat ini, Rencong masih saja digunakan sebagai alat untuk bela diri.

2. Golok Asal Betawi

Senjata Golok lebih identik dengan tokoh Si Pitung yang berasal dari Betawi. Rupanya, senjata Golok ini merupakan senjata tradisional khas Betawi. Sejak zaman penjajah, Si Pitung menggunakan senjata Golok tersebut ketika perang melawan penjajah Belanda.

Hingga sekarang, Golok masih digunakan sebagai alat untuk bela diri. Umumnya, orang Betawi asli masih menyimpan Golok di dalam rumahnya.

3. Kujang Asal Sunda

Pusaka Kujang milik masyarakat asli Sunda yang menyimpan nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Senjata ini identik dengan simbol Kerajaan Padjajaran milik Maharaja Prabu Siliwangi yang mempunyai kekuatan mistik dan spiritual sangat luar biasa.

Rupanya, senjata ini memiliki bentuk yang unik bahkan banyak orang yang masih mengoleksi senjata Kujang hingga saat ini. Namun, orang Sunda sendiri menggunakan Kujang untuk bertani dan sebagai alat bela diri.

4. Keris Asal Jawa

 

Keris salah satu senjata tradisional khas Pulau Jawa yang terkenal di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Konon, senjata keris ini merupakan barang yang disucikan oleh penduduk yang tinggal di pulau Jawa.

Masyarakat Jawa menganggap keris tersebut sebagai benda sakti atau benda suci. Tak heran jika banyak yang menyimpan keris selain untuk di koleksi, tetapi dijadikan jimat sebagai pusaka yang di keramatkan.

5. Kurambiak Asal Ranah Minang

Senjata Kurambiak atau Kerambiak atau Kerambik merupakan senjata tradisional asal Ranah Minang. Tak banyak orang mengenal senjata tersebut, namun Kurambiak menjadi senjata andalan yang digunakan oleh para tentara Amerika Serikat dan tentara negara lain.

Konon, senjata Kurambiak seperti pisau genggam kecil berbentuk melengkung dan dinyatakan senjata paling mematikan di dunia untuk pertarungan jarak dekat. Sebelumnya, senjata ini digunakan oleh para pendekar Minang khususnya pesilat.

6. Badik Asal Bugis-Masyarakat

Badik atau Badek adalah senjata asli masyarakat Bugis-Makassar. Senjata berbentuk keris, namun asimetris yang bilahnya dihiasi dengan pamor.

Rupanya, sejak zaman penjajahan senjata Badik digunakan sebagai alat perang oleh Sulawesi. Senjata Badik seringkali dijadikan sebagai alat pertahanan diri. Menurut pandangan masyarakat Bugis Makassar, Badik mempunyai kekuatan sakti (gaib) yang dapat mempengaruhi kondisi pemiliknya.

7. Belati Asal Papua

Belati salah satu benda tradisional asal Papua yang terbuat dari bahan dasar tulang. Tulang tersebut berasal dari burung Kasuari yang banyak ditemukan di Papua.

Pisau Belati Papua ini senjata yang terbilang unik. Namun, masyarakat Papua sering menggunakan senjata tersebut untuk berburu dan berperang.

 

8. Mandau Asal Kalimantan

 

Senjata Mandau merupakan benda tradisional dari Suku Dayak Kalimantan. Kepercayaan masyarakat Suku Dayak, Mandau disebut "Ambang Birang Bintang Pono Ajun Kajau" yang berarti memiliki kekuatan spiritual yang mampu melindungi pemiliknya dari bahaya.

Rupanya, senjata Mandau mirip dengan pedang karena bentuknya panjang, namun memiliki keunikan yang tidak didapat dari senjata lain. Mandau dipercaya sebagai barang keramat oleh Suku Dayak dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

9. Dahong Asal Kalimantan Barat

 

 

Dahong merupakan senjata tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Dayak Ngaju, Kalimantan Barat. Dahong sebuah mata tombak yang dapat digunakan sebagai pisau.

Konon, pada zaman dahulu Dahong digunakan sebagai alat perang untuk melawan penjajah. Namun, senjata Dahong saat ini digunakan sebagai pemotong pusar bayi yang baru lahir dan sebagai alat menyembelih hewan kurban.

 

10. Pisau Gaja Dombak Asal Sumut

 

 

Pisau Gaja Dombak merupakan senjata tradisional masyarakat Sumatera Utara. Senjata ini digunakan untuk menikam, menuuk dan memotong. Rupanya, senjata ini diberi nama Pisau Gaja Dombak disebabkan pada gagang pegangannya ada ukiran yang menyerupai gajah.

Pisau Gaja Dombak tidak diperuntukkan untuk membunuh, tetapi masyarakat meyakini alat pisau tersebut mempunyai kekuatan supranatural yang bisa memberi kekuatan kepada pemiliknya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini